PIN POLIO 2024, Ada 6 Efek Samping Setelah Menerima Vaksin Polio, Orang Tua Jangan Cemas

Selasa 23-07-2024,19:43 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - PIN Polio 2024, Ada 6 efek samping setelah menerima vaksin polio, orang tua jangan cemas.

Di Indonesia, vaksin polio adalah salah satu imunisasi yang wajib diberikan kepada bayi. Tujuan pemberian vaksin polio adalah agar bayi memperoleh kekebalan terhadap penyakit polio yang dapat menyebar melalui infeksi virus. 

BACA JUGA:PIN Polio 2024, Ini Jadwal dan Tanggal Pelaksanaan Vaksinasi Polio Diseluruh Puskesmas di Kota Bengkulu

Diketahui, Polio adalah penyakit menular yang menyerang sistem saraf pusat dan menyebabkan kerusakan pada sistem saraf motorik, sehingga penderita akan mengalami kelumpuhan anggota gerak. 

Itulah mengapa pencegahan polio perlu dilakukan sejak dini melalui pemberian vaksin. 

BACA JUGA:PIN Polio Wajib untuk Anak Usia 0-7 Tahun, Ini 4 Manfaat Vaksin agar Anak Tidak Mengalami Kelumpuhan

Jenis-Jenis Vaksin Polio

Vaksin polio terdiri dari dua jenis, yaitu vaksin polio suntik (IPV) dan vaksin polio oral (OPV). Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Vaksin Polio Suntik (IPV)

Vaksin polio suntik diberikan dengan cara menyuntikkan virus polio yang sudah tidak aktif atau mati. Cara kerja vaksin ini adalah membentuk kekebalan dalam darah, namun tidak di usus. 

Akibatnya, kemungkinan anak terserang polio masih tinggi karena virus dapat berkembang dengan bebas di usus. Inilah mengapa imunisasi polio suntik perlu dilengkapi dengan vaksin polio oral.

BACA JUGA:Pekan Imunisasi Nasional Polio 2024 Diselenggarakan 2 Tahap, Fungsi Vaksin dan Jadwal di Daerah Sumatera

2. Vaksin Polio Oral (OPV)

Dilansir dari IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), vaksin polio oral mengandung virus polio yang masih aktif, namun sudah dilemahkan. 

Tujuannya adalah membentuk antibodi (zat kekebalan tubuh) di dalam usus untuk membunuh virus yang berkembang di usus dan darah. Vaksin ini telah melalui proses pelemahan tidak berbahaya sehingga aman untuk diberikan.

Kategori :