Jenis Hama yang Sering Bikin Petani Sawit Merugi Total, Ketahui Cara Mengatasinya

Minggu 28-07-2024,10:00 WIB
Reporter : ahmad afandi
Editor : ahmad afandi

Metode tersebut dilakukan dengan cara di sekitar lampu diletakkan baskom yang berisi air sabun. Kumbang badak yang aktif di malam hari akan mencari sumber cahaya, lalu kumbang akan tergelincir ke dalam baskom.

3. Menggunakan insektisida sistemik

Salah satu alternatif untuk menghilangkan kumbang badak adalah dengan menggunakan insektisida sistemik karena mobilitas (pergerakan) kumbang badak yang tinggi.

Penggunaan insektisida sistemik dilakukan dengan cara mengebor batang kelapa sedalam 10 cm. Lubang bor dibuat dengan kemiringan 45 derajat agar tidak tumpah, satu pohon cukup diberi satu lubang bor.

Kemudian, suntikkan 10­ hingga 15 cc insektisida ke lubang bor tersebut. Setelah itu lubang bor bisa ditutup dengan lilin atau tanah liat.

BACA JUGA:Rincian Harga TBS Sawit Riau, Periode 24-30 Juli 2024, Kembali Turun 1,16%

4. Menggunakan virus Baccolovirus oryctes dan cendawan Metaresium anisopliare

Virus Baccolovirus oryctes dan cendawan Metaresium anisopliare bisa diandalkan untuk mengatasi serbuan kumbang badak. Baccolovirus oryctes diteteskan dalam mulut kumbang badak yang telah dipuasakan selama sehari semalam.

Virus tersebut mematikan kumbang badak dengan menurunkan nafsu makannya. Seminggu setelah virus menyebar tubuh kumbang serangga tersebut akan mati.

BACA JUGA:Dugaan Korupsi Replanting Kelapa Sawit, 15 Saksi Diperiksa Penyidik Pidsus Kejari Bengkulu Selatan

Demikianlah pembahasan mengenai jenis hama yang sering bikin petani sawit merugi total, dan cara mengatasinya.

 

(Novan)

Kategori :