Apakah Anak yang Sudah Diimunisasi Lengkap Perlu Melakukan Polio Lagi? Begini Kata IDAI

Minggu 28-07-2024,17:25 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

Diketahui, sejak tahun 1996, di Indonesia sudah tidak terdapat lagi virus polio liar, namun pada tahun 2005 hingga 2006 terjadi kembali wabah polio yang menyerang 305 orang. 

Akhirnya setelah dilakukan tindakan oleh pemerintah melalui imunisasi masal, sejak tahun 2006 hingga sekarang penyakit polio tidak pernah ditemukan lagi di Indonesia.

BACA JUGA:Efek Samping Imunisasi Polio Tetes yang Perlu Diketahui, Apakah Berbahaya?

Namun demikian, kita harus tetap lebih waspada. Jangan sampai terjadi wabah polio kembali seperti yang terjadi pada tahun 2005 dan 2006. Itulah sebabnya pada tanggal 8-15 Maret 2016 ini, pemerintah melakukan Pekan Imunisasi Nasional Polio.

Pekan Imunisasi Nasional Polio (PIN)

Pekan Imunisasi Nasional Polio ditujukan bagi anak berusia 0-59 bulan. Imunisasi diberikan pada semua balita usia tersebut tanpa memperhatikan status imunisasinya. 

Artinya, meskipun anak Anda sudah pernah mendapat imunisasi polio, anak Anda tetap harus mendapatkan imunisasi jika masih berusia di bawah 5 tahun.

BACA JUGA:Hati-hati! Ini 5 Bahaya Rokok Elektrik Jenis Pod Bagi Kesehatan

Setelah mengikuti PIN, anak tetap harus mendapat imunisasi dasar karena PIN hanya bersifat tambahan saja. 

Pada anak yang sedang mengalami diare atau demam, imunisasi akan ditunda hingga anak sembuh. Imunisasi polio akan diselenggarakan secara gratis di posyandu, polindes, puskesmas, dan rumah sakit terdekat.

Namun tetap saja, meskipun baik para orang tua juga harus tahu, walau jarang terjadi namun umunya akan tetap ada efek samping yag dirasakan anak usai  imunisasi polio.

BACA JUGA:Viral Mie Instan Diduga Ada Belatung Saat Dimasak, Bikin Geli Warganet! Begini Tanggapan Produsen

Lantas, apa saja efek samping imunisasi Polio?

Melansir penjelasan pada laman Liputan6.com, disebutkan terdapat manfaat perlindungan jangka panjang yakni mencegah serangan virus polio jauh lebih besar dibandingkan dengan efek samping yang mungkin muncul saat dilakukan imunisasi.

Siloam Hospital menyebut salah satu efek samping yang umum terjadi setelah imunisasi polio adalah rasa nyeri di bekas suntikan. Ini adalah reaksi normal karena vaksin disuntikkan ke dalam otot untuk merangsang sistem kekebalan tubuh.

Demam ringan juga dapat muncul sebagai respons alami terhadap vaksinasi, dan hal ini sebagian besar bersifat sementara.

Kategori :