Harga Meroket, Begini Cara agar Tanaman Kopi Berbuah Lebat dan Panen Melimpah

Senin 29-07-2024,13:16 WIB
Reporter : Septi Widiyarti
Editor : Purnama Sakti

Jika Anda berada di daerah dengan ketinggian 800-1.500 meter di atas permukaan laut, maka kopi robusta merupakan pilihan yang tepat.

2. Siapkan lahan yang baik

Lahan yang baik untuk budidaya kopi adalah lahan yang gembur, subur, dan memiliki drainase yang baik. Lahan juga harus bebas dari gulma dan hama penyakit.

Sebelum menanam, lahan perlu diolah terlebih dahulu dengan cara dicangkul atau dibajak. Lahan juga perlu dibersihkan dari gulma dan hama penyakit.

BACA JUGA:Hewan Sangat Langka dan Dilindungi Masuk Toko Emas, Hebohkan Warga karena Dikira Babi Ngepet

3. Tanam bibit yang berkualitas

Cara budidaya tanaman kopi agar panen melimpah Bibit kopi yang berkualitas adalah bibit yang berasal dari biji kopi yang sehat dan berasal dari pohon induk yang produktif.
Bibit kopi dapat diperoleh dari pembibitan atau dari hasil penyemaian sendiri. Jika Anda menyemai sendiri, pilihlah biji kopi yang sehat dan matang.

4. Lakukan pemupukan secara rutin

Pemupukan merupakan salah satu faktor penting untuk menunjang pertumbuhan dan produktivitas tanaman kopi. Pemupukan dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk organik atau pupuk anorganik. Pupuk organik dapat berasal dari kotoran hewan, kompos, atau pupuk daun.

Pupuk anorganik dapat berupa urea, NPK, dan KCl. Pemupukan dilakukan secara rutin, yaitu setiap 3-4 bulan sekali. Dosis pemupukan disesuaikan dengan umur tanaman dan kondisi lahan.

BACA JUGA:Mau Buka Rekening BRI? Ini Minimal Setoran Awal dan Cara Membuat Tabungan BRI

5. Lakukan penyiraman secara teratur

Kopi merupakan tanaman yang membutuhkan air yang cukup. Penyiraman dilakukan secara teratur, terutama pada musim kemarau.

Jumlah air yang dibutuhkan tergantung pada umur tanaman dan kondisi cuaca. Pada umumnya, tanaman kopi membutuhkan air sebanyak 2-3 kali seminggu.

6. Lakukan pemangkasan secara rutin

Pemangkasan merupakan salah satu cara untuk merangsang pertumbuhan dan produktivitas tanaman kopi.
Pemangkasan dilakukan secara rutin, yaitu setiap 6-8 bulan sekali. Pemangkasan dilakukan dengan cara memangkas cabang-cabang yang tidak produktif.

Kategori :