Bagaimana Cara Kerja di Kapal Pesiar untuk Lulusan SMK? Simak Tipsnya Lengkapnya di Sini

Sabtu 03-08-2024,14:06 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Fitriani

BACA JUGA:OJK Rilis hanya 98 Daftar Pinjol Legal Agustus 2024, Hindari yang Ilegal

Tips Bekerja di Kapal Pesiar Bagi Siswa SMK

Dirangkum dari laman resmi detik.com, berikut ini adalah enam tips bekerja di kapal pesiar bagi siswa SMK:

1. Keterampilan Bahasa Inggris: 

Tips pertama adalah menguasai bahasa Inggris. Bekerja di kapal pesiar mengharuskanmu berinteraksi dengan kru dan penumpang dari berbagai belahan dunia. Pastikan kamu menguasai bahasa Inggris dengan baik sebelum memutuskan untuk bekerja di kapal pesiar.

2. Punya Pengalaman dan Ikut Pelatihan

Selain kemampuan bahasa Inggris, kamu juga memerlukan pengalaman dan pelatihan khusus untuk bekerja di kapal pesiar. Mental yang kuat juga diperlukan karena kamu akan bekerja jauh dari keluarga selama berbulan-bulan. Kamu bisa menggali pengalaman dan keterampilan di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) khusus untuk kapal pesiar.

3. Persiapkan Dokumen dan Sertifikat Penunjang

Ada banyak dokumen yang harus dipersiapkan untuk bekerja di kapal pesiar, salah satunya adalah paspor. Selain itu, sertifikat-sertifikat penunjang seperti BST (Basic Safety Training) juga diperlukan sebagai bukti kompetensi untuk bergabung di kapal pesiar.

4. Persiapkan Lamaran Sebaik Mungkin

Setelah dokumen siap, jangan lupa untuk menyiapkan CV atau surat lamaran. Buatlah CV atau surat lamaran yang unik dan menonjolkan kemampuanmu agar lebih diperhatikan oleh perekrut.

5. Pahami Operasi Kapal Pesiar

Kemampuan beradaptasi sangat diperlukan saat bekerja di kapal pesiar. Meskipun serupa dengan hotel, kapal pesiar memiliki banyak perbedaan operasional. Kamu akan dituntut melayani tamu dalam jumlah besar dan sering melakukan aktivitas yang sama, seperti check-in dan check-out yang bersamaan.

6. Pantau Website Kapal Pesiar

Tips terakhir adalah rajin memantau informasi rekrutmen kapal pesiar. Biasanya LKP akan bekerja sama dengan pihak kapal pesiar untuk memenuhi kebutuhan kru mereka. 

Dengan mengikuti tips-tips di atas dan mempersiapkan diri sebaik mungkin, peluang untuk bekerja di kapal pesiar semakin terbuka lebar. Jangan ragu untuk menggali informasi lebih lanjut dan terus meningkatkan kemampuanmu agar siap bersaing di industri yang menjanjikan ini.

Kategori :