Update Harga Kopi Hari Ini di Sumatera, Petani Keluhkan Harga Turun, Tinggal Segini Per Kilonya

Senin 05-08-2024,11:13 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

“Penurunan ini karena ada fluktuasi pasar dunia. Namun petani diimbau jangan memanen kopi secara tergesa-gesa yang tidak memperhatikan kualitas atau takut harga turun. Karena itu justru mempengaruhi harga di tingkat pasaran,” kata M. Rizon.

Tidak hanya itu M. Rizon meyakini jika harga kopi kembali akan stabil atau naik.

“Harga kopi ini akan kembali stabil, tidak akan turun. Karena saat ini Brazil belum produksi kopi. Jadi ekspor kopi terbesar masih dari Indonesia yang diandalkan,” ujar M. Rizon.

Dengan adanya penurunan harga kopi ini, para petani di wilayah Provinsi Bengkulu diminta untuk dapat meningkatkan kualitas hasil panen. Agar bisa mempengaruhi daya saing di pasar global dan pada akhirnya mampu memperbaiki harga jual kopi dan petani kopi dapat sejahtera.

BACA JUGA:Mobil Dinas Plt Sekda Polman Mercy GLS-Class 450 Seharga Rp 2,5 Miliar, Canggung Digunakan

Harga Kopi di OKU, Sumsel

Petani kopi asal Sindang Danau, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumsel, Setia Budi (38) mengatakan bahwa harga kopi saat ini berangsur turun.

“Seminggu terakhir, harga kopi anjlok. Banyak petani yang kena prank (tipu) isu harga bakal terus naik. Sekarang, harga kopi justru turun di kisaran Rp 2.000-5.000 per kilogram,” ujarnya, Senin (29/7/2024).

 

BACA JUGA:Jarak Tempuh Bengkulu-Palembang Setelah Tol Tersambung, Cuma Hitungan Menit, Ini Perbandingannya

Sementara itu, sebagai tamabahan informasi, kopi adalah salah satu andalan Indonesia dalam urusan ekonomi, baik dari level daerah sampai nasional.

Kalian bisa menemukan petani kopi hampir seluruh provinsi di Indonesia. Tak hanya itu, keberadaan kedai kopi juga mulai menjamur di banyak daerah. Mayoritas kedai kopi ini memanfaatkan produk petani lokal.

Di samping itu, potensi ekspor kopi juga tak kalah besar. Nah, kamu bisa memanfaatkan peluang-peluang ini dengan menjadi pembudidaya kopi. Namun sebelum mulai, kamu harus tahu bagaimana menanam kopi dengan baik dan benar agar hasilnya bisa berkualitas.

BACA JUGA:Ojol vs Debt Collector! Motor Ditarik Paksa, Debt Collector Diamuk Massa, Motornya Dibuang ke Kali

Cara Budidaya Kopi yang Baik dan Benar

1. Memilih Jenis Biji Kopi

Kategori :