Kapan La Nina Mulai? Kenali Begini Ciri-ciri La Nina dan Tindakan yang Harus Dilakukan

Senin 05-08-2024,20:12 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Kapan La Nina mulai? Kenali begini ciri-ciri la nina dan Tindakan yang harus dilakukan.

El Nino dan La Nina adalah fenomena cuaca ekstrem yang dapat mempengaruhi iklim dunia. Kedua fenomena ini terjadi di Samudra Pasifik dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap iklim dunia. 

BACA JUGA:Dampak Bencana Alam dan Waspada Penyakit dari Fenomena La Nina

El Nino adalah fenomena di mana Suhu Permukaan Laut di Samudra Pasifik bagian tengah memanas hingga di atas kondisi normalnya yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan di Samudra Pasifik tengah dan mengurangi curah hujan di wilayah Indonesia. 

Di sisi lain, La Nina adalah fenomena di mana Suhu Permukaan Laut di Samudra Pasifik bagian tengah mengalami pendinginan hingga di bawah kondisi normalnya yang dapat mengurangi potensi pertumbuhan awan di Samudra Pasifik bagian tengah.

BACA JUGA:Efek Cuaca La Nina Agustus 2024, Ini Daerah yang Bakal Sering Hujan

El Nino dan La Nina biasanya muncul setiap dua hingga tujuh tahun, dan biasanya berlangsung 9 hingga 12 bulan. Mereka tidak selalu datang bersamaan, dan La Nina biasanya lebih jarang muncul daripada El Nino.

Infrastruktur, sistem pertanian, dan energi di seluruh dunia dapat terkena dampak cuaca ekstrim El Nino dan La Nina. 

BACA JUGA:Cuaca La Nina Diprediksi Terjadi 3 Bulan, BMKG Sebut Ada Potensi Kemarau Basah

El Nino yang terjadi pada tahun 2014–2016 menyebabkan kekeringan di Asia dan Kanada yang menyebabkan gagal panen dan merusak ketahanan pangan lebih dari 60 juta orang menurut Organisasi Pangan dan Pertanian PBB.

BACA JUGA:Selamat Datang Cuaca La Nina, Bahaya Banjir dan Longsor Semakin Mengintai

Untuk daerah Indonesia sendiri, dampak La Nina dan El Nino antara lain yaitu:

Saat El Nino, curah hujan yang rendah dan cuaca yang panas akan menyebabkan kekeringan di wilayah Indonesia, sedangkan saat La Nina, curah hujan yang tinggi dan cuaca yang dingin akan menyebabkan banjir di wilayah Indonesia.

La Nina dan El Nino dapat menyebabkan gagal panen, mempengaruhi ekonomi masyarakat dan menyebabkan biaya melaut menjadi lebih mahal dan membuat nelayan lebih rentan terhadap penyakit.

BACA JUGA:LA Nina Mulai Datang, BMKG Sebut Wilayah Ini Sering Diguyur Hujan

Kategori :