Kapan La Nina Mulai? Kenali Begini Ciri-ciri La Nina dan Tindakan yang Harus Dilakukan

Senin 05-08-2024,20:12 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

BACA JUGA:Apa Itu Cuaca La Nina yang Tiba di Indonesia Awal Agustus? Ini Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Pencegahannya

Pastikan pegawai lapangan sudah mengetahui prosedur menghentikan operasional mesin dan cara memutus aliran listrik dengan aman.

Edy Wurjanto, SVP Commercial Claims & Technical Services Asuransi Astra menjelaskan sangat penting melakukan antisipasi terhadap fenomena La Nina karena besarnya potensi kerugian ketika bencana La Nina melanda. 

BACA JUGA:Waspasa Banjir dan Longsor di Beberapa Wilayah, BMKG Prediksi Cuaca La Nina Tiba Awal Agustus

“Kerugian akibat bencana La Nina bukan hanya kerusakan material berupa mesin, stok dan bangunan saja, bisa jadi berdampak lebih luas bahkan berbuntut pada kehilangan pangsa pasar maupun keuntungan,” jelasnya.

Apabila langkah-langkah antisipasi sudah dilakukan, namun perusahaan atau properti tetap terdampak fenomena La Nina, pada keadaan itulah fungsi asuransi bekerja. 

BACA JUGA:Daftar Wilayah Waspada Dampak Hujan Lebat, Dampak La Nina Tiba ke Indonesia Awal Agustus

“Di sini, Asuransi akan berfungsi membantu memulihkan kondisi keuangan perusahaan yang terkena dampak bencana tentu sesuai dengan syarat dan kondisinya. Misalnya, untuk polis properti, semua kerugian menyangkut kerusakan properti seperti bangunan, stok, mesin dan yang terjamin lainnya akan mendapatkan ganti rugi. Ditambah lagi properti yang dilengkapi dengan perlindungan perluasan business interruption akan mendapat ganti rugi loss of gross profit. Walaupun sudah terlindungi, kerugian berupa penyusutan pangsa pasar atau pinalti dari pelanggan, tidak mendapatkan perlindungan dari asuransi. Makanya sangat diperlukan antisipasi sejak awal oleh pemilik perusahaan. Supaya bisnis bisa tetap berjalan,” pungkas Edy.

BACA JUGA:BMKG Umumkan Cuaca La Nina Masuk ke Indonesia Awal Agustus, Ini Bedanya dengan El Nino

Demikianlah ulasan mengenai, kapan La Nina dimulai? Kenali begini ciri-ciri la nina dan Tindakan yang harus dilakukan.

 

(Putri Nurhidayati)

Kategori :