Benarkah Dosa Anak Perempuan Tidak Berhijab Ditanggung Orang Tua? Ini Penjelasannya

Kamis 15-08-2024,10:00 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

“Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau Saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak- budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.”

3.Surat A1-Ahzab: 33

“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah lakuseperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu.”

4. Surat Al-A’raf: 26

“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.”

BACA JUGA:Polemik Larangan Hijab Bagi Paskibraka Putri di IKN, Ini Ketentuan Wanita Berjilbab dalam Islam

Benarkah Dosa Anak Perempuan Tidak Berhijab Ditanggung Orang Tua

Dalam Islam menutup aurat bagi laki-laki maupun perempuan adalah hal yang wajib dilakukan.

Aurat adalah istilah dalam hukum Islam yang memiliki arti batas dari bagian tubuh yang wajib ditutupi yang diperintahkan langsung oleh Allah SWT.

Salah satu aurat perempuan yang tidak boleh diperlihatkan selain kepada mahramnya adalah rambut.

Apakah perempuan yang tidak berhijab akan mendapatkan dosa? Melansir dari buku Mengenal Allah Melalui Ibadah Shalat, menutup aurat bagi perempuan muslim adalah wajib, karena hal tersebut adalah bagian dari aib.

BACA JUGA:Heboh Kabar Paskibraka Pusat Dilarang Pakai Hijab, Ini Pernyataan Resmi BPIP

Pernyataan tersebut didukung oleh hadits berikut ini yang dilansir dari laman Kumparan:

“Ada dua golongan dari ahli neraka yang belum pernah saya lihat keduanya itu: (1) Kaum yang membawa cambuk seperti ekor sapi yang mereka pakai buat memukul orang (penguasa yang kejam);

(2) Perempuan-perempuan yang berpakaian tetapi telanjang, yang cenderung kepada perbuatan maksiat dan mencenderungkan orang lain kepada perbuatan maksiat, rambutnya sebesar punuk unta. Mereka ini tidak akan boleh masuk surga, serta tidak dapat akan mencium bau surga, padahal bau surga itu tercium sejauh perjalanan demikian dan demikian.” (HR. Muslim).

Jadi, bagi seorang perempuan muslim jika tidak menutup aurat sekalipun sehelai rambutnya adalah sebuah dosa. Selain itu dosa wanita yang tidak menutup aurat juga sangat besar.

Kategori :