Kategori 4 Formasi Prioritas CPNS 2024, Ini Tips dan Strategi Agar Lolos Seleksi

Senin 19-08-2024,16:20 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

2. Rajin latihan soal-soal tes

Seperti kata pepatah “practice makes perfect”. Nah begitu juga saat kamu ingin lolos seleksi CPNS di tahun ini. Rajinlah melatih diri dengan mengerjakan soal-soal tes untuk mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari. 

Seperti yang kita tahu, di CPNS kamu akan dua kali melalui tes, pertama tes SKD (Seleksi Kemampuan Dasar) dan SKB (Seleksi Kemampuan Bidang).

Sekarang, tidak sulit buat menemukan contoh soal CPNS. Kamu bisa berlatih soal-soal CPNS, bisa melalui soal yang kamu temukan di internet, melalui buku soal, atau juga aplikasi yang menyediakan soal CPNS.

BACA JUGA:Ini Waktu yang Tepat untuk Daftar CPNS 2024 Secara Online, Antisipasi Link Membludak

3. Mengenali dan mempelajari kisi-kisi dan materi CPNS

Cobalah untuk mencari tahu seperti apa kisis-kisi dan materi CPNS di tahun lalu. Kamu bisa menemukan kisi-kisi tersebut dalam buku atau juga aplikasi yang dapat menjadi pedoman untuk belajar tes CPNS.

4. Ikut kelompok belajar atau bimbel

Belajar sendiri buat beberapa orang kadang terasa berat dan cepat membuat ngantuk. Apa kamu termasuk tipe seperti itu? 

Nah, kamu bisa mengatasi masalah belajar kamu dengan membentuk kelompok belajar bersama teman-teman, atau juga ikut bimbel CPNS baik tatap muka atau juga kelas online.

BACA JUGA:Begini Cara Mengurus SKCK untuk Daftar CPNS 2024, Termasuk Biaya yang Dibutuhkan

5. Selalu update informasi mengenai CPNS

Hal penting berikutnya adalah pastikan kamu selalu mengikuti informasi terbaru mengenai CPNS. Kamu bisa mengikuti info di media sosial. Sebab, bukan tidak mungkin ada perubahan ketentuan maupun tanggal. Atau juga bisa jadi BKN memberikan kisi-kisi mengenai tes seleksi. 

6. Persiapkan dokumen yang diperlukan

Pastikan kamu sudah menyiapkan seluruh kebutuhan dokumen untuk pendaftaran dengan lengkap. Jangan lupa, pastikan lagi apakah semua dokumen tersebut valid dan tepat sesuai persyaratan yang ditetapkan oleh instansi dan formasi yang dibuka.

BACA JUGA:Informasi Ketentuan serta Formasi yang Dibutuhkan CPNS di Provinsi Jambi Tahun 2024

Kategori :