Heboh! Anggota Parlemen Turki Baku Hantam saat Rapat, Apa Pemicunya?

Selasa 20-08-2024,11:26 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Heboh! Anggota Parlemen Turki baku hantam saat rapat, apa pemicunya?

Bikin heboh, terpotret puluhan anggota parlemen Turki terlibat baku hantam saat sedang berlangsungnya sidang membahas kekebalan atau imunitas aktivis hak asasi manusia Can Atalay pada Jumat (16/8) lalu.

BACA JUGA:Daftar Formasi CPNS Setjen DPR 2024, Simak Kualifikasi Pendidikan hingga Rentang Gaji

Dilasnir dari laman cnnindonesia.com, keributan ini berlangsung selama 30 menit dan menyebabkan dua orang mengalami luka-luka. Akhirnya, sidang pun sempat ditunda.

Adapun mereka yang terluka yakni anggota dari Partai Rakyat Republik (CHP) dan anggota Partai Kesejahteraan dan Demokrasi (DEM). Keduanya cidera di bagian kepala.

Kekacauan di parlemen pecah usai anggota partai penguasa Keadilan dan Pembangunan (AKP) Alpay Ozalan mengecam anggota partai Pekerja sayap kiri Turki (TIP), Ahmet Sik.

BACA JUGA:Lowongan Kerja LPDP, Tawarkan 14 Posisi Terbaru, Cek Kualifikasi dan Link Pendaftaran

Sik lebih dulu melontarkan pernyataan kecaman sikap pemerintah terhadap Atalay.

"Tak heran jika Anda menyebut Atalay sebagai teroris," kata Sik, dikutip AFP.

Dia lalu berujar sembari menunjuk mayoritas penguasa, "Semua warga negara harus tahu bahwa teroris terbesar negara ini adalah mereka yang duduk di kursi-kursi itu."

Diketahui, selain aktivis, Atalay merupakan pengacara yang saat ini mendekam di penjara. Dia memenangkan kursi parlemen dalam pemilihan umum tahun lalu setelah kampanye dari jeruji besi.

BACA JUGA:Terbongkar, Ini 9 Penyebab Tidak Lolos Seleksi CPNS 2024, Simak Tips Berikut agar Tidak Fatal

Mendengar komentar Sik, Ozalan langsung berdiri dan berjalan ke mimbar. Dia lalu mendorong anggota partai TIP itu hingga jatuh. Saat jatuh, Sik dipukul beberapa kali oleh anggota parlemen AKP. Menurut pantauan AFP, puluhan anggota parlemen turut dalam perkelahian ini.

Rekaman perkelahian tersebut beredar luas di media sosial. Di dalam rekaman tersebut tampak terjadi baku hantam dan seorang staf membersihkan noda darah di lantai ruangan itu.

Mendapati salah satu anggotanya terluka, ketua CHP Ozgur Ozel mengecam kekerasan itu.

Kategori :