WNA Berulah, Nekat Keruk Tebing Demi Bikin Vila, Buang Material ke Laut

Jumat 23-08-2024,10:09 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – WNA berulah, nekat keruk tebing demi bikin Villa, buang material ke laut.

Sebuah video yang merekam aktivitas pengerukan tebing menjadi viral dan memicu perbincangan hangat di berbagai platform media sosial, terutama di X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter).

BACA JUGA:Ini Penyebab Gagal Unggah Dokumen saat Daftar CPNS 2024 dan Cara Mengatasinya

Video yang diunggah oleh akun @baco** pada Selasa (20/8/2024) itu telah menarik perhatian ribuan pengguna internet dan memicu reaksi keras dari masyarakat, terutama karena pelaku pengerukan tersebut diduga adalah seorang warga negara asing (WNA).

Dalam video berdurasi sekitar dua menit itu, terlihat jelas bagaimana ekskavator besar digunakan untuk mengeruk tebing di pinggir laut di kawasan Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Material hasil pengerukan tersebut kemudian tampak berjatuhan langsung ke laut, yang tentunya menimbulkan kekhawatiran akan dampak lingkungan yang serius.

Video ini semakin mengejutkan ketika di pertengahan rekaman, terlihat beberapa warga lokal yang mendatangi seorang pria bule yang diduga sebagai pemilik proyek tersebut.

BACA JUGA:Daftar 5 Kementerian yang Buka Lowongan CPNS 2024, Gajinya Bisa Tembus Ratusan Juta

Deskripsi yang menyertai video tersebut menyatakan, "WNA keruk tebing di Nusa Penida dan buang material ke laut, demi bangun vila," mengisyaratkan bahwa pengerukan ini dilakukan untuk pembangunan vila pribadi.

Hal ini tentu saja menimbulkan kemarahan dan kecaman dari banyak pihak, mengingat aktivitas semacam ini bisa merusak ekosistem laut dan lingkungan sekitar.

BACA JUGA:Daftar 5 Kementerian yang Buka Lowongan CPNS 2024, Gajinya Bisa Tembus Ratusan Juta

Penjelasan dari Pihak Kepolisian

Merespons viralnya video tersebut, Polda Bali melalui Kepala Bidang Humas, Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan, memberikan penjelasan mengenai kejadian tersebut.

Jansen membenarkan bahwa pengerukan tebing di Desa Lembongan, Nusa Penida, memang dilakukan oleh seorang warga negara asing asal Australia bernama David John O'Boyle.

Menurut Jansen, O'Boyle menggunakan ekskavator untuk mengeruk tebing dengan tujuan membangun sebuah vila di lahan yang telah ia sewa.

Kategori :