Ramai Ancaman Gempa Megathrust, Ini Top 10 Gempa Megathrust Terdahsyat yang Pernah Tercatat dalam Sejarah

Senin 26-08-2024,11:28 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ramai ancaman gempa Megathrust, ini top 10 gempa megathrust terdahsyat yang pernah tercatat dalam sejarah!

Gempa megathrust merupakan salah satu fenomena alam paling dahsyat dan mematikan yang pernah terjadi di Bumi. Gempa ini terjadi di zona subduksi, yaitu daerah di mana satu lempeng tektonik terpaksa masuk ke bawah lempeng lainnya. 

Proses ini menghasilkan tegangan yang sangat besar di sepanjang batas lempeng, dan ketika tegangan ini melampaui kekuatan batuan, energi yang terkumpul dilepaskan dalam bentuk gempa bumi.

BACA JUGA:BMKG Sebut Indonesia Negara dengan Wilayah Aktivitas Kegempaan Tinggi dan Punya 13 Segmen Megathrust 

Inilah yang menyebabkan gempa megathrust seringkali memiliki magnitudo yang sangat besar dan dampak yang luar biasa menghancurkan.

Zona subduksi yang berpotensi memicu gempa megathrust dikenal sebagai zona seismogenik. Ilmu yang mempelajari gempa bumi, seismologi, terus menggali lebih dalam tentang mekanisme dan dampak dari gempa megathrust ini. 

Berikut adalah daftar sepuluh gempa megathrust terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah, yang merinci magnitudo, dampak, dan signifikansi historisnya.

BACA JUGA:20 Contoh Soal TIU CPNS 2024 Lengkap dengan Kunci Jawaban, Pelajari Jika Ingin Lulus

1. Gempa Megathrust Valdivia 1960, Chile

Gempa Valdivia yang terjadi pada 22 Mei 1960 di Chile tercatat sebagai gempa megathrust paling kuat yang pernah terjadi, dengan magnitudo mencapai 9,5 pada skala Richter. 

Gempa ini diakibatkan oleh subduksi Lempeng Nazca di bawah Lempeng Amerika Selatan. Selain gempa, peristiwa ini juga memicu tsunami yang melintasi Samudra Pasifik dan menyebabkan perubahan elevasi daratan yang signifikan di wilayah pesisir Chile.

Beberapa daerah mengalami penurunan hingga beberapa meter, sementara daerah lain terangkat. Tanah yang terkena gempa ini mengalami likuifaksi, memperparah kerusakan infrastruktur yang ada. 

Korban jiwa dari bencana ini diperkirakan antara 1.000 hingga 6.000 orang, menjadikan gempa Valdivia sebagai salah satu gempa bumi paling mematikan dalam sejarah.

BACA JUGA:Gaji Tembus Rp 12,5 Juta, Ini Formasi CPNS 2024 PPN/BAPENAS dan Jadwal Pelaksanaannya

2. Gempa Samudra Hindia 2004, Sumatera

Kategori :