Potensi ‘Perang Bintang’, Eks Panglima TNI Andika Perkasa Maju di Pilgub Jateng 2024

Selasa 27-08-2024,14:05 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

BACA JUGA:Heboh! Ji Chang Wook Gunakan Kaos Kutang Datangi Tempat Nongkrong di Jakarta

Nama Andika semakin dikenal oleh publik ketika ia menduduki posisi sebagai Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat pada November 2013. Saat itu, Andika mengalami kenaikan pangkat menjadi Perwira Tinggi Bintang Satu.

Tak lama di Dinas Penerangan, Andika dilantik menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden alias Paspampres dengan pangkat Mayor Jenderal. Pelantikan Andika itu dilakukan tepat 2 hari setelah pelantikan Joko Widodo dan Jusuf Kalla pada 2014.

Perjalanan karier Andika Perkasa semakin menanjak saat ia dilantik sebagai Panglima Kodam XII/Tanjungpura pada 2016. Dia juga terpilih sebagai Komandan Kodiklat TNI AD pada 2018.

Lalu pada akhir 2018, Andika Perkasa dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) dan diangkat menjadi Panglima TNI pada 2021.

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca BMKG, Hari Ini Prediksi ‘Pintu Neraka Terbuka’ di Surabaya, Segini Panasnya!

Dalam berbagai kesempatan Jenderal Andika Perkasa memang tampak kerap didampingi oleh istrinya, Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati Hendropriyono, atau yang kerap disapa sebagai Hetty Andika Perkasa.

Diketahui, Andika menikahi Hetty pada 1992. Berdasarkan nama belakangnya, Hetty merupakan anak dari eks Kepala Badan Intelijen Negara atau BIN, AM Hendropriyono.

Sebelumnya, Hendropriyono pernah menjabat sebagai Menteri Transmigrasi dan Pemukiman Perambah Hutan pada 1998 saat era Orde Baru.

BACA JUGA:BPOM Buka Pendaftaran PPPK 2024! Ini Besaran Gaji dan Syarat Pendaftarannya

Selama karier militernya, Andika Perkasa terlihat memiliki hubungan baik dengan militer Amerika Serikat.

Pada 2020, di bawah kepemimpinan Andika, Indonesia pernah mengirimkan sejumlah prajurit TNI AD untuk berlatih di Joint Readiness Training Center (JRTC) Fort Polk, Louisiana, Amerika Serikat.

Berdasarkan latar belakangnya, Jenderal Andika Perkasa diketahui juga merupakan lulusan National War College, National Defense University, Washington D.C., Amerika Serikat.

Oleh sebab itu, di mata internasional, Andika dipandang memiliki peran dan dampak terhadap stabilitas keamanan di kawasan Indo-Pasifik dan penguatan hubungan antara TNI dengan US Army.

Alhasil, pada 2020, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menerima penghargaan Medals The Legion of Merit, Degree of Commander dari Kepala Staf Angkatan Darat Amerika Serikat kala itu, James C. McConville.

BACA JUGA:Kementan RI Buka 1.212 Formasi CPNS 2024, Segede Ini Gaji dan Tukin per Golongannya

Kategori :