Waspada Anjing Liar di Rejang Lebong, Balita Hingga Orang Tua jadi Korban Gigitan Anjing

Selasa 27-08-2024,20:15 WIB
Reporter : Handril Waldinata
Editor : Agus Faizar

REJANG LEBONG RBTVCAMKOHA.COM - Waspada gigitan anjing liar di Rejang Lebong, balita hingga orang tua sudah jadi korban gigitan.

Warga di Kabupaten Rejang Lebong diminta waspada, hingga saat ini total sudah ada enam orang yang terkena gigitan anjing liar dengan ciri-ciri anjing yang berbeda.

BACA JUGA:Daftar Mobil Toyota dengan Mesin Dual VVT-I, Dijamin Irit dan Gesit

Kepala bidang kesehatan hewan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, Wenny haryanti, untuk ciri-ciri anjing yang dilaporkan para korban, yang pertama di kawasan Kecamatan Selupu Rejang di Kelurahan Cawang Baru, Desa Kampung Baru dan Desa Karang Jaya, memiliki ciri-ciri berwarna kuning dan putih di leher.

BACA JUGA:Paslon Riri-Ujang Diantar Sejumlah Tokoh Daftar ke KPU, Maju Lewat Jalur Independen di Pilkada Kepahiang 2024

Sementara untuk di kawasan Simpang Nangka, terdapat dua korban, dengan ciri-ciri anjing berwarna putih dan berpostur kecil, dan satu korban gigitan berada di jalur 2 dengan ciri-ciri anjing berwarna kuning.

"Jenis anjing yang menggigit warga di beberapa tempat ini diketahui berbeda dari laporan warga tersebut ada yang memiliki warna kuning dengan warna putih di leher kemudian berwarna putih dan berpostur kecil dan ada juga yang memiliki ciri-ciri berwarna kuning biasa," Jelas Wenny.

BACA JUGA:Isu Gempa Megathrust Bikin Tidur Tak Nyenyak, Siaga Dengar Pentungan sebagai Peringatan Dini Bencana

Pihak bidang kesehatan hewan pun saat ini tengah melakukan vaksin terhadap hewan penular rabies dan masyarakat yang memiliki hewan peliharaan dihimbau untuk segera melakukan vaksin rabies.

"28 Agustus ini kita akan melakukan vaksin rabies di Desa Karang Baru guru Agung air Kati tambah tinggi dan hujan panas Kecamatan Padang Ulak Tanding," imbuh Wenny.

BACA JUGA:Kasihan Murid di Sekolah Ini, Jalannya Rusak, Setiap Hari Menghirup Debu

Untuk para korban sendiri diantaranya Siti Hawa 34 tahun warga Kelurahan Cawang Baru, Lilis Suryani 40 tahun warga Desa Kampung, Baru Erlina 45 tahun warga Desa Karang Jaya, Lusi 40 tahun warga Simpang nangka, Tinem warga jalur 2, dan Jehan Dia Chayra 4 tahun warga Kelurahan Simpang nangka.

BACA JUGA:Bank Bengkulu Siapkan Rp300 M untuk Pinjaman Anggota DPRD, Berapa Limit Pinjamannya

Sementara dari Dinas Kesehatan menyatakan, jika anjing yang menggigit tidak ditemukan atau mati, akan langsung diberikan vaksin anti rabies, dan saat ini vaksin anti rabies yang ada di Dinas Kesehatan sudah didistribusikan ke masing-masing Puskesmas.

Kategori :