Cuka Apel Baik Untuk Kesehatan Tapi Tak Boleh Asal Pakai, 10 Dampak Negatif Pengunaan Cuka Apel

Jumat 30-08-2024,21:50 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

• Efek Samping Pada Obat

Karena bersifat asam, cuka sari apel dapat dengan mudah bereaksi dengan beberapa obat seperti obat pencahar, diuretik, dan insulin . Karena cuka sari apel memiliki efek langsung pada kadar insulin dan gula darah, cuka sari apel terbukti sangat berbahaya ketika dikonsumsi dengan obat tekanan darah dan diabetes.

Cara Konsumsinya Cuka Apel yang Benar

Cuka apel dapat dikonsumsi secara langsung dengan dicampurkan ke dalam air putih atau jus. Selain itu juga dapat menambahkan cuka apel ke dalam salad, saus, atau sup.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengonsumsi cuka apel:

• Mulailah dengan dosis kecil: Dimulai dengan 1-2 sendok makan cuka apel yang dicampurkan ke dalam 250 ml air putih dan minum 1-2 kali sehari.

• Tingkatkan dosis secara bertahap: Jika tidak mengalami efek samping, dapat juga meningkatkan dosis secara bertahap hingga maksimal 6 sendok makan per hari.

• Minum sebelum makan: Minum cuka apel 30 menit sebelum makan dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan.

• Jangan dicampur dengan obat lain: Cuka apel dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi cuka apel jika sedang minum obat.

Demikianlah tadi pembahasan, dampak negatif pengunaan cuka apel.

 

(Novan)

Kategori :