Cuka Apel Baik Untuk Kesehatan Tapi Tak Boleh Asal Pakai, 10 Dampak Negatif Pengunaan Cuka Apel

Jumat 30-08-2024,21:50 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Cuka apel dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan melawan bakteri dan virus.

7. Detoksifikasi Tubuh

Cuka apel dapat membantu mendetoksifikasi tubuh dengan membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

BACA JUGA:Kata dr Zaidul Akbar, Minum Cuka Apel Sebelum Makan Bisa Cegah Lonjakan Gula, Begini Resepnya

10 Dampak Negatif Pengunaan Cuka Apel

Sementara manfaatnya diketahui secara luas oleh banyak orang, hanya sedikit dari mereka yang benar-benar menyadari efek samping dari cuka sari apel. Meskipun jumlah kecil pada umumnya baik dan sehat, terlalu banyak mengonsumsi dapat berbahaya bagi tubuh.

Berikut dampak negatif penggunaan cuka apel, dirangkum dari berbagai sumber.

• Kerusakan jaringan

Baik dikonsumsi dalam bentuk tablet atau cair, diminum atau diaplikasikan, penggunaan berlebihan dapat merusak kulit, kerongkongan, email gigi, dan lapisan perut karena tingginya kadar asam sitrat di dalamnya. Selain itu, aplikasi langsung cuka sari apel pada kulit dapat menyebabkan iritasi, ruam, dan sensasi terbakar.

Untuk mencegah efek samping cuka sari apel pada kulit, campur dengan air, madu,atau bahan netral lainnya, terutama ketika memiliki kulit sensitif.

BACA JUGA:Tak hanya Bumbu Dapur, Simak 7 Cara Konsumsi Cuka Apel untuk Diet, Intip juga 7 Manfaat Lain Cuka Apel

• Turunkan kadar kalium

Kandungan asam asetat yang tinggi dari cuka sari apel menyebabkan kadar kalium yang rendah dalam darah. Kondisi ini disebut hipokalemia. Situasi ini dapat menyebabkan banyak gejala dan penyakit terkait termasuk kelemahan, mual, kram, sering buang air kecil, tekanan darah rendah, perubahan irama jantung, dan kelumpuhan.

• Masalah lambung

Banyak orang merekomendasikan cuka sebagai bantuan alami penurunan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa ini membantu memperlambat laju makanan meninggalkan lambung, yang dapat menekan nafsu makan dengan membuat seseorang merasa lebih kenyang lebih lama.

Kategori :