Cara Buat Cuka Apel Sendiri di Rumah, Bisa Konsumsi Setiap Hari Untuk Bantu Program Diet Ampuh

Jumat 30-08-2024,21:59 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Cara buat cuka-apel sendiri di rumah, bisa konsumsi setiap hari untuk bantu program diet ampuh.

Cuka apel adalah salah satu bahan makanan yang dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Tak hanya digunakan untuk bahan perasa makanan, cuka apel juga dapat digunakan sebagai obat rumahan yang mudah didapat. Untuk mendapatkan khasiatnya, seseorang bisa membuat cuka apel sendiri di rumah.

Mengutip dari laman Healthline, cuka apel memiliki sifat antimikroba dan antioksidan. Selain itu, cuka apel juga dapat digunakan untuk membantu menurunkan berat badan, mengurangi kolesterol, menurunkan kadar gula darah, dan mampu mengatasi gejala diabetes.

BACA JUGA:Kenapa Cuka Apel Bisa Bantu Program Diet? Ini Kandungan Nutrisi Dalam 100 Mililiter Cuka Apel

Dilansir dari Grow Organic, cuka apel yang baik memiliki 50 persen rasa manis, 35 persen rasa asam, dan 15 persen rasa pahit. Rasa manis ini umumnya didapatkan dari tambahan gula. Namun tidak menutup kemungkinan rasa manis ini juga didapatkan murni dari rasa manisnya apel.

Cara Buat Cuka Apel Sendiri di Rumah

Cara membuat cuka apel tidak begitu sulit dipraktikkan. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahannya dan sabar dalam pengolahannya. Pasalnya, kamu perlu mendiamkannya berminggu-minggu agar mendapatkan cuka apel yang baik kualitasnya.

• Cara Membuat Cuka Apel Tanpa Madu atau Gula

Cara membuat cuka apel yang pertama bisa tanpa menggunakan madu. Namun, kamu mungkin harus bersabar karena akan memakan waktu yang cukup lama dibandingkan kalau menggunakan madu atau gula.

BACA JUGA:Cuka Apel Baik Untuk Kesehatan Tapi Tak Boleh Asal Pakai, 10 Dampak Negatif Pengunaan Cuka Apel

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

- 10 apel organik utuh

- 2 toples kaca ukuran besar

- Kain katun yang tipis

- Air

Kategori :