Jadi Kepala Staf Kepresidenan, Inilah Profil dan Besaran Gaji Moeldoko

Rabu 04-09-2024,19:42 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

Riwayat Hidup

1. Kehidupan awal

Moeldoko yang dilahirkan di Desa Pesing, Kecamatan Purwoasri, Kediri ini merupakan putra bungsu dari 12 bersaudara pasangan Moestaman dan Masfu'ah. Saudara-saudaranya adalah Moesadi, Muhammad Sujak, Poerwono, Suyono, Sugeng Hariyono, Supiyani, dan Siti Rahayu.

BACA JUGA:Intip Gaji Dokter Spesialis Tertinggi di Dunia, Tembus Berapa Digit?

2. Pendidikan

Moeldoko merupakan alumnus Akabri tahun 1981 dengan predikat terbaik dan berhak meraih penghargaan bergengsi Bintang Adhi Makayasa.

Pada 15 Januari 2014, Moeldoko meraih gelar doktor Program Pascasarjana Ilmu Administrasi FISIP Universitas Indonesia, dengan disertasinya berjudul "Kebijakan dan Scenario Planning Pengelolaan Kawasan Perbatasan di Indonesia (Studi Kasus Perbatasan Darat di Kalimantan)". Ia lulus dan mendapatkan gelar tersebut dengan predikat sangat memuaskan.

BACA JUGA:Segini Besaran Gaji Menteri Investasi BKPM dan Tugas Berat Rosan Roeslani

3. Karier Militer

Sidang Paripurna DPR-RI pada tanggal 27 Agustus 2013 menyetujui jenderal asal Kediri tersebut sebagai Panglima TNI baru pengganti Laksamana Agus Suhartono. Ia adalah KSAD terpendek dalam sejarah militer di Indonesia seiring pengangkatan dirinya sebagai panglima.

Operasi militer yang pernah diikuti antara lain Operasi Seroja Timor-Timur tahun 1984 dan Konga Garuda XI/A tahun 1995. Ia juga pernah mendapat penugasan di Selandia Baru (1983 dan 1987), Singapura dan Jepang (1991), Irak-Kuwait (1992), Amerika Serikat, dan Kanada.

BACA JUGA:Segini Gaji ASN di Kementerian PANRB, Simak 61 Formasi CPNS 2024 di Kementerian PANRB

Gaji Moeldoko Kepala Staf Kepresidenan

Gaji Moeldoko sebagai Kepala Staf Kepresidenan diatur berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2015.

Gaji ini mencakup gaji dasar, tunjangan kinerja, dan pajak penghasilan. Untuk posisi Kepala Staf Kepresidenan, gaji pokoknya sekitar Rp 51.000.000 per bulan.

Selain gaji, Moeldoko juga memiliki harta kekayaan yang cukup signifikan. Berdasarkan laporan terakhirnya, total harta kekayaannya mencapai miliaran.

Kategori :