Kriteria Jurusan Lulusan SMK Bagi Calon Pelamar CPNS 2024 Kemenhub

Sabtu 07-09-2024,20:01 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

Syarat Khusus Daftar CPNS Kemenhub 2024

1. Kebutuhan khusus putra/putri lulusan terbaik berpredikat "dengan

pujian"/cumlaude dari perguruan tinggi dalam negeri atau luar negeri, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Dikhususkan bagi putra/putri yang mempunyai jenjang pendidikan paling rendah S1, tidak termasuk D4
  • Pelamar yang merupakan dari lulusan perguruan tinggi dalam negeri dengan predikat kelulusan "dengan pujian"/cumlaude, berasal dari perguruan tinggi terakreditasi A/unggul, dan program studi terakreditasi A/unggul saat kelulusan, yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan  yang tertulis pada ijazah
  • Pelamar yang merupakan dari lulusan perguruan tinggi luar negeri dapat mendaftar setelah memperoleh penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara "dengan pujian"/cumlaude dari Dirjen Diktiristek.

2. Kebutuhan khusus penyandang disabilitas, dapat dilamar dengan persyaratan sebagai berikut:

  • Pelamar wajib melampirkan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah/puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya
  • Menyampaikan tautan/link video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktifitas sesuai jabatan yang akan dilamar
  • Pada saat melamar di SSCASN, pelamar wajib menyatakan bahwa yang bersangkutan merupakan penyandang disabilitas
  • Panitia pelaksana akan melakukan verifikasi administrasi untuk memastikan kesesuaian antara kebutuhan kompetensi dan syarat jabatan yang dilamar sesuai dengan jenis dan derajat kedisabilitasan pelamar.

3. Bagi pelamar penyandang disabilitas yang melamar pada kebutuhan umum dan kebutuhan khusus selain kebutuhan khusus penyandang disabilitas, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Pelamar dapat mendaftar pada jabatan yang diinginkan jika memiliki ijazah yang kualifikasi pendidikannya sesuai dengan persyaratan jabatan;
  • Pada saat melamar di SSCASN pelamar penyandang disabilitas wajib

menyatakan bahwa yang bersangkutan merupakan penyandang disabilitas, yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah/puskesmas dan tautan/link video singkat yang menunjukan kegiatan sehari-hari dalam menjalankan aktifitas sesuai jabatan yang akan dilamar

BACA JUGA:Ini Jurusan Bagi Lulusan SMK untuk Pendaftaran CPNS 2024 di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Tata Cara Daftar CPNS Kemenhub 2024

1. Pendaftaran dilakukan secara daring melalui laman https://sscasn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP)/ Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK)

2. Unggah dokumen-dokumen yang diperlukan. Rincian dokumen bisa dilihat di sini ya. https://cpns.dephub.go.id/site/index

3. Pelamar wajib menggunakan materai elektronik (e-Meterai).

4. Tata cara penggunaan e-Materai pada surat lamaran dan surat pernyataan pengabdian pada instansi Kementerian Perhubungan adalah dokumen ditandatangani dengan menggunakan pena atau pulpen, discan ke dalam format pdf, dan selanjutnya dibubuhi e-Meterai yang terintegrasi SSCASN dengan PERUM PERURI.

5. Pembubuhan e-Meterai dilakukan pada sisi kiri tanda tangan dan tidak boleh menutupi/menimpa tanda tangan, tulisan, gambar, dan/atau informasi apapun yang tertera pada surat lamaran dan surat pernyataan pengabdian pada instansi Kementerian Perhubungan.

6. Pembubuhan e-Meterai dilakukan pada periode pendaftaran, apabila pembubuhan e-Meterai dilakukan sebelum periode pendaftaran maka dokumen dianggap tidak memenuhi syarat.

7. Dokumen persyaratan yang diunggah adalah scan berkas asli berwarna (hitam putih tidak berlaku) dan bukan dokumen fotokopi/salinan yang dilegalisir.

8. Pelamar wajib memastikan kembali dokumen yang telah diunggah dapat diunduh, dokumen tidak rusak, tidak blur, dan terbaca dengan jelas.

Kategori :