Kisaran Biaya Tes DNA di 5 Tempat di Jakarta, Lengkap dengan Syarat dan Prosedur

Senin 09-09-2024,12:12 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

3. Lokasi Tes

Lokasi tes DNA juga bisa mempengaruhi harga. Jika kamu melakukan tes DNA di negara-negara maju maka tarifnya bisa lebih mahal jika dibandingkan dengan negara berkembang.

4. Metode Pengambilan Sampel

Biaya tes DNA juga dapat bervariasi tergantung pada metode pengambilan sampel yang digunakan. Tes DNA yang menggunakan sampel darah biasanya lebih mahal daripada tes DNA yang menggunakan sampel air liur.

BACA JUGA:Kabar Duka, Bakal Cawagub Aceh Tu Sop Meninggal Dunia, Ini Aturan Penggantinya

Ada pun beberapa faktor lain yang juga mempengaruhi biaya tes DNA meliputi metode analisis yang digunakan, jumlah gen yang dianalisis, serta tes tersebut untuk kebutuhan medis atau non-medis.

Syarat dan Prosedur Tes DNA

Untuk menjalani serangkaian prosedur tes DNA, memang tidak ada persyaratan khusus. Paling penting adalah pihak ayah maupun anak harus bersedia untuk diambil sampel DNA-nya.

Nah, berikut adalah beberapa prosedur dari tindakan medis ini, diantaranya:

1. Pengambilan Sampel

Petugas medis akan melakukan pengambilan sampel DNA terlebih dahulu. Sampel tersebut bisa berupa cairan tubuh hingga rambut.

2. Melakukan Ekstraksi Sel

Kemudian dari sampel yang telah terkumpul, selanjutnya ialah proses ekstraksi. Umumnya, proses ekstraksi ini dilakukan dengan cara memberikan enzim ke dalam larutan sampel.

3. Pemisahan DNA

Selanjutnya adalah prosedur pemisahan DNA dengan cara melakukan elektroforesis.

4. Penyalinan DNA

Kategori :