Profil Eko Agus Sugiharto, Wasit Kontroversi yang Dipukul Pemain saat Laga di PON XXI Aceh-Sumut

Selasa 17-09-2024,08:50 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Profil Eko Agus Sugiharto, wasit kontroversi yang dipukul pemain saat laga di PON XXI Aceh-Sumut.

Nama serta profil Eko Agus Sugiharto tengah menjadi incaran warganet saat usai memimpin pertandingan sepak bola Aceh vs Sulawesi Tengah dalam PON XXI Aceh-Sumatera Utara.

BACA JUGA:Ini 15 Instansi Telah Umumkan Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2024, Cek Sekarang

Kala pertandingan yang berlangsung Sabtu (14/9/2024) di Stadion Dimurthala, Banda Aceh itu, Eko Agus Sugiharto mengeluarkan tiga kartu merah untuk pemain asal Sulawesi Tengah.

Namun, tim Sulawesi Tengah yang merasa kepemimpinan Eko Agus Sugiharto berat sebelah tidak terima. Sehingga wasit itu pun kemudian dipukul oleh salah satu pemain bernama Muhammad Rizki.

Dan pada akhirnya, tim dari Sulawesi Tengah pun memutuskan untuk mengundurkan diri dari pertandingan. Ini membuat Aceh lolos ke babak semifinal sepak bola PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.

BACA JUGA:Ini 15 Instansi Telah Umumkan Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2024, Cek Sekarang

Profil Eko Agus Sugiharto

Dilansir dari laman Kompas.com, Eko Agus Sugiharto merupakan seorang wasit sepak bola berlisensi A nasional asal Ogan Komering Ulu Timur (Oku Timur), Sumatera Selatan.

Data Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) Kemendikbud Ristek mencatat, Eko merupakan lulusan STKIP Dharma Wacana. Dia mendapat gelar Sarjana Pendidikan dari program studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga.

Eko Agus Sugiharto terakhir tercatat aktif sebagai wasit dalam pertandingan Liga 2 Indonesia pada 2022/2023.

Kala itu, dia memimpin pertandingan antara PSCS Cilacap vs Persipa Pati pada 5 September 2022 dengan skor akhir 1-1. Dia juga memimpin laga PSMS Medan vs Karo United FC pada 10 September 2022 dengan skor 1-0.

BACA JUGA:Ini 15 Instansi Telah Umumkan Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2024, Cek Sekarang

Dikethaui, dalam kedua pertandingan tersebut, Eko memang tampak tidak segan untuk memberikan kartu kuning kepada para pemain.

Bahkan, ia pernah mengeluarkan delapan kartu kuning pada laga PSCS Cilacap vs Persipa Pati. Di laga PSMS Medan vs Karo United FC, lima kartu kuning dikeluarkan.

Kategori :