Profil Eko Agus Sugiharto, Wasit Kontroversi yang Dipukul Pemain saat Laga di PON XXI Aceh-Sumut

Selasa 17-09-2024,08:50 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Selain Liga 2, Eko juga aktif memimpin kompetisi Liga 3 Indonesia saat masih bergulir. Dia menjadi wasit utama dalam laga Karo United vs PS Siak pada 2022.

Sementara itu, selain mejadi seorang wasit sepak bola, Eko juga mengemban tugas menjadi seorang guru olahraga di SMPN 2 Belitang Jaya, OKU Timur.

BACA JUGA:Pasti Lolos CPNS, BKN Bocorkan 5 Tips Lolos SKD CPNS 2024

Perjalanan Karier Eko Agus Sugiharto

Eko Agus Sugiharto adalah seorang wasit sepak bola yang memimpin laga penting antara Aceh melawan Sulawesi Tengah dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI.

Eko Agus Sugiharto memulai kariernya sebagai wasit sepak bola di tingkat lokal sebelum mendapatkan pengakuan di tingkat nasional. Ia melalui berbagai pelatihan dan sertifikasi untuk memenuhi kualifikasi sebagai wasit resmi di pertandingan profesional.

Setelah membuktikan kemampuannya di berbagai pertandingan, Eko mulai memimpin pertandingan di kompetisi-kompetisi tingkat nasional, seperti Liga 3 Indonesia.

BACA JUGA:Awas Jawab Sanggah Jangan Asal, Begini Kalimat Sanggah Hasil Administrasi CPNS 2024

Pada tahun 2022, ia menjadi wasit utama dalam laga antara Karo United dan PS Siak.
Dalam pertandingan itu, Eko dibantu oleh asisten wasit Gilang Mijwar, Agus Romadhon, dan Choirudin.

Mereka memimpin pertandingan dengan baik, menegaskan pengalaman dan kualitas Eko sebagai wasit yang kompeten.

Untuk diketahui, Eko seharusnya berada di Aceh sampai 20 September nanti. Namun, insiden dalam laga Aceh vs Sulawesi Tengah mencoreng rekam jejak kariernya. Sebab, dia diyakini membuat keputusan tak adil yang menguntungkan Aceh.

BACA JUGA:Awas Jawab Sanggah Jangan Asal, Begini Kalimat Sanggah Hasil Administrasi CPNS 2024

Berdasarkan sumber yang sama, pada Minggu (15/9/2024), Eko mengeluarkan dua kartu merah untuk pemain Sulawesi Tengah, Wahyu Alman dan Moh Akbar pada menit ke-74 dan 85.

Saat perpanjangan waktu, Eko memberikan penalti ke tim Aceh pada menit ke-97. Keputusan itu diprotes Sulawesi Tengah. Nahas, Muhammad Rizki lalu memukul kepala wasit sampai jatuh. Eko pun ditolong menggunakan ambulans.

Aksi itu membuat Rizki mendapat kartu merah. Namun Aceh gagal mengeksekusi penalti. Tim Sulawesi Tengah kemudian memilih mengundurkan diri sebelum masuk babak tambahan.

BACA JUGA:Perhatikan, Begini Aturan Passing Grade CPNS 2024 Sesuai Surat Kepala BKN

Kategori :