Begini Caranya untuk Mengetahui STNK Ranmor Diblokir atau Tidak dan Cara Mengurus STNK yang Diblokir

Selasa 17-09-2024,19:13 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

- No. Kohir

Nomor Kohir merujuk pada nomor pendaftaran suatu kendaraan baru yang pendataannya diatur oleh SAMSAT atau Polri tempat pengurusan STNK dilakukan. Nomor kohir ini sebenarnya juga bisa Smart People temukan di berbagai aset lainnya, seperti tanah.

BACA JUGA:Siapkan Berkasnya, Begini Cara Balik Nama STNK dan BPKB Kendaraan Bermotor

- BBN KB

Berikutnya, ada BBN KB atau Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. Kolom ini menunjukkan jumlah pajak dari penyerahan hak milik kendaraan bermotor dari satu pihak ke pihak lainnya. 

Penyerahan yang dimaksud bisa berupa jual-beli, hibah, warisan, atau dimasukkan ke dalam badan usaha. Besar pajak ini adalah ⅔ dari PKB atau Pajak Kendaraan Bermotor.

- PKB

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, PKB merupakan singkatan dari Pajak Kendaraan Bermotor. 

Besar dari pajak ini adalah 1,5% dari nilai jual kendaraan bermotor sesuai yang disepakati oleh Dinas Pendapatan Daerah. Nilai jual ini didapat dari Agen Pemegang Merek dan nilainya akan selalu turun setiap tahunnya.

BACA JUGA:STNK dan BPKB Hilang? Begini Cara Mengurus Surat-surat Motor yang Hilang, Cukup Ikuti 6 Langkah Ini

- SWDKLLJ

SWDKLLJ adalah Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan atau saat ini juga dikenal dengan SW Jasa Raharja. 

Dengan membayarkan sumbangan yang dikelola oleh Jasa Raharja ini, kamu bisa sedikit lebih tenang jika mengalami kecelakaan yang disebabkan oleh pihak ketiga. 

BACA JUGA:Cara Menghitung Pajak Mobil di STNK dengan Tepat, Kenali juga Jenis Biayanya

- Biaya ADM STNK

Biaya ADM STNK merujuk pada biaya administrasi yang harus dibayarkan saat mengganti plat kendaraan lima tahunan, atau saat melakukan balik nama. Sedangkan untuk kendaraan baru, biaya ini ditiadakan.

Kategori :