Pendaki Asal Tabanan Tewas di Gunung Abang Bali, Jatuh ke Jurang Sedalam 250 Meter

Selasa 17-09-2024,20:25 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Hal ini menjadi alasan gunung ini termasuk bagian dari Gunung Batur, hasil letusan pada zaman prasejarah atau sekitar 30 ribu tahun sebelum Masehi. Dari letusan tersebut menimbulkan kaldera besar dengan kerucut kecil bernama Batur yang akan menembus gunung ini.

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Kredit Kendaraan Menurut Islam, Apakah Haram? Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Gunung Abang juga kurang populer dibanding gunung lainnya di Bali seperti Gunung Agung dan Gunung Batur. Namun perjalanan ke puncaknya terbilang mudah, karena sudah banyak papan petunjuk yang dibuat oleh pengelola.

Sebagai bagian dari kaldera Gunung Batur yang tercipta dari letusan hebat, Gunung Abang berlokasi di Desa Abangsongan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli.

Pejalan akan menempuh perjalanan sekitar dua jam dari Denpasar menuju Desa Suter di kawasan Kintamani.

Mengutip dari laman Get Lost, sebagai objek wisata pendakian, gunung yang posisinya berhadap-hadapan dengan Gunung Batur ini termasuk aman untuk didaki, karena gunung berapi ini sudah tidak aktif lagi. 

Untuk pendakian ke puncak, hanya membutuhkan waktu sekitar tiga hingga empat jam saja.

BACA JUGA:Dorong Produktivitas Petani, Gubernur Rohidin Kembali Berikan Bantuan Alsintan Bagi Kelompok Tani

Untuk mencapai titik mula pendakian di Desa Suter, Anda akan melewati Museum Geopark Batur, ambil belokan kanan melewati hutan dengan jalan cukup sempit dan medan kurang baik. Apabila sudah melihat Pura Munggu, berarti di situlah batas akhir kendaraan sebelum melanjutkan pendakian.

Pendakian Gunung Abang melalui jalur Desa Suter mudah dijalani tanpa menggunakan jasa pemandu karena sudah tersedia papan petunjuk sepanjang trek. Untuk antisipasi, bawa juga peta pendakian atau gunakan peta digital melalui ponsel.

Yang menarik dari petualangan di Gunung Abang adalah pos pendakiannya ditandai dengan bangunan pura sebagaimana pura merupakan hal yang umum jika Anda ke Bali. 

Bagi umat Hindu yang mendaki, pura di Gunung Abang ini tidak hanya dijadikan sebagai lokasi beristirahat, pun juga untuk ritual sembahyang memohon perlindungan dari Yang Maha Kuasa untuk perjalanan mencapai puncak.

BACA JUGA:Daftar 8 Motor Matic Honda Terlaris di Tahun 2024, Jadi Primadona Masyarakat

Puncak Gunung Abang dapat dicapai sekitar satu jam perjalanan dari Pura 2, dengan kondisi menanjak berupa tanah. Jalur yang dilalui masih bisa diatasi pendaki pemula yang sedang meningkatkan kemampuan mendakinya.

Di puncak terdapat Pura Puncak Tulukbiyu serta pemandangan Danau dan Gunung Batur di kejauhan.

Pemandangan ini terlihat lebih cantik jika tiba bertepatan dengan momen matahari terbit. Puncak Gunung Abang terlihat cukup asri dengan jajaran pohon yang tumbuh.

Kategori :