Komplotan Gangster Pelaku Pembacok Mahasiswa hingga Tewas, Polisi Amankan 6 Orang

Jumat 20-09-2024,11:40 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Sementara itu, untuk informasi, gangster adalah kriminal yang merupakan anggota organisasi kejahatan pembuat kekacauan, seperti geng.

Istilah gangster digunakan untuk merujukan anggota organisasi kriminal yang berhubungan dengan Mafia, seperti Chicago Outfit dan Five Families, dan individu seperti Al Capone dan Bugsy Siegel.

Gangster sendiri biasanya beraksi menggunakan motor secara berkelompok. Mereka tak jarang membawa senjata tajam dan melakukan aksi pembegalan, penjambretan, perampokan, dan kejahatan lainnya.

Dalam banyak kasus, aksi gangster menjadi pelaku begal tak segan melukai atau bahkan menghilangkan nyawa korbannya. Maraknya kasus penghadangan di jalan ini tentunya meresahkan masyarakat.

BACA JUGA:Aksi Bersih Pantai Pasar Seluma Warnai HUT TNI ke-79

Cara Menghadapi Gangster atau Begal di Jalan

Melansir tribratanews.kepri.polri.go.id, pembegalan adalah sebuah aksi merampas di tengah jalan dengan menghentikan pengendaranya.

Biasanya, pembegalan terjadi di jalanan yang jauh dari keramaian, perampok, penyamun, dan penggarong. Nah, berikut ini terdapat beberapa cara agar tidak menjadi target begal oleh kelompok gangster, di antaranya:

1. Hindari Lewat Jalanan Sepi

Pelaku kejahatan lebih tertarik untuk beraksi di tempat sepi. Tujuannya supaya tidak diketahui orang lain dan tidak memunculkan saksi yang bisa membantu korban.

Bukan hal mengherankan jika pembegalan sering terjadi di lokasi yang jauh dari pemukiman atau saat gelap gulita.

Apabila Anda terpaksa melalui jalanan hening, usahakan untuk berjalan beriringan dengan teman atau kendaraan lain dan pahami medan.

BACA JUGA:Waduh! Diduga Kesal Gegara Tak Bisa Nyalip, Pengendara Mobil Ini Tembak Ban Mobil Pengendara Lain

2. Jangan Mengenakan Perhiasan Berlebihan

Tips selamat dari gangster di jalan selanjutnya adalah tidak memakai perhiasan yang terlampau banyak. Perhiasan yang mencolok akan memancing pelaku bertindak kejam.

Apalagi bagi wanita yang senang mengenakan perhiasan emas, seperti gelang dan kalung. Lebih baik simpan perhiasan dahulu ketika harus berkendara.

Kategori :