Heboh! Satwa Dilindungi Masuk ke Rumah Warga, Pemilik Rumah Kebingungan

Selasa 24-09-2024,09:36 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Fitriani

Peringatan Hari Tapir Sedunia pertama kali dimulai pada tahun 2008 dan sejak saat itu, tanggal 27 April menjadi momen penting bagi para pecinta satwa dan konservasionis untuk menyuarakan pentingnya perlindungan terhadap tapir. 

Namun, sayangnya, tidak banyak masyarakat yang mengetahui tentang hari penting ini, mengingat tapir tidak sepopuler hewan mamalia lainnya.

BACA JUGA:Joki Balap Liar Meninggal Dunia, Hantam Minibus di Jembatan Elevated Danau Dendam

Tips Menghadapi Hewan Liar yang Masuk ke Rumah

Kejadian tapir masuk ke rumah warga seperti yang viral di Kepahiang ini memang cukup langka, namun bukan tidak mungkin hal serupa terjadi di wilayah lain, terutama di daerah yang dekat dengan hutan. 

Berikut beberapa tips yang harus dilakukan jika kamu menemukan hewan liar, terutama hewan yang dilindungi, masuk ke dalam rumah:

1. Tetap Tenang dan Jangan Panik

Hal pertama yang harus dilakukan adalah tetap tenang. Jangan membuat gerakan tiba-tiba atau mencoba mengusir hewan tersebut dengan kekerasan. 

Hewan liar seperti tapir mungkin merasa terancam jika kamu bertindak agresif, dan ini bisa memicu mereka untuk bertindak defensif atau bahkan menyerang.

BACA JUGA:Simpang Lima Kembali Difungsikan Pos Lalu Lintas Polresta, Ini Alasannya

2. Jauhkan Diri dan Beri Ruang

Pastikan untuk memberi ruang yang cukup bagi hewan tersebut. Jangan mendekati atau mencoba menyentuhnya. 

Biarkan hewan tersebut mencari jalan keluar sendiri. Jika memungkinkan, buka pintu atau jendela yang bisa menjadi jalan keluar bagi hewan tersebut.

3. Hubungi Pihak Berwenang

Segera hubungi pihak berwenang, seperti BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) atau petugas satwa liar setempat. 

Mereka memiliki pengetahuan dan peralatan yang tepat untuk menangani situasi ini tanpa membahayakan hewan maupun manusia.

Kategori :