Resmi Dinonaktifkan! Oknum Guru Pelaku Pelecehan di SMKN 5 Tangerang Selatan Ternyata Pembina Pramuka!

Selasa 24-09-2024,10:38 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Fitriani

2. Berikan pendidikan seks atau sex education 

Untuk beberapa guru di sekolah, seks edukasi atau pendidikan tentang seks mungkin masih cukup tabu untuk disampaikan kepada siswa. 

Padahal hal ini sangat penting dilakukan untuk mencegah terjadinya pelecehan seksual di sekolah dan mencegah siswa melakukan tindakan yang tidak seharusnya. 

Saat memberikan informasi tentang seks, guru juga bisa menyampaikan dampak buruk melakukan tindakan seksual untuk anak dibawah umur, dan jelaskan anggota tubuh yang tidak boleh disentuh oleh siapapun.  

Saat memberikan pendidikan seks, sampaikan juga pada siswa agar bisa menghargai diri satu sama lain dan tidak merendahkan atau menghina siswa yang lain. 

Jangan lupa juga untuk menyesuaikan materi dan gaya bahasa sesuai dengan tingkatan kelas siswa ya. Untuk siswa yang masih duduk di bangku sekolah dasar usahakan untuk menggunakan kata yang sesederhana mungkin dan mudah dipahami siswa. 

BACA JUGA:Nomor Urut 1 di Pilkada Kota Bengkulu 2024, Paslon Dani Hamdani - Sukatno (DISUKA) Siap Menang

3. Libatkan siswa dalam menyosialisasikan bahaya pelecehan seksual

Pada dasarnya pelecehan seksual bisa dilakukan oleh siapa saja, baik siswa, orang–orang yang bekerja di sekolah, hingga guru sekalipun. 

Oleh karena itu, selalu libatkan siswa dalam mensosialisasikan bahaya pelecehan seksual di sekolah.

Caranya dengan meminta siswa memberi tahu guru apabila ada teman sebayanya yang sekiranya melakukan tindakan yang mengarah pada pelecehan seksual, misalnya menghina salah satu bagian tubuh teman yang lain.

4. Buat sanksi yang tegas

Tidak bisa dipungkiri memang, salah satu cara paling ampuh untuk mencegah pelecehan seksual di sekolah adalah dengan membuat sanksi yang tegas. 

Misalnya di skors, dikeluarkan dari sekolah, atau bahkan mendapatkan surat keterangan berkelakuan tidak baik. Membuat sanksi yang jelas biasanya akan memberikan efek jera untuk pelaku, sehingga mencegah munculnya pelaku pelecehan seksual di sekolah.

5. Jaga lingkungan sekolah agar tetap aman dari pelecehan sekolah

Untuk menjaga sekolah agar selalu aman dari tindakan pelecehan seksual, ada beberapa langkah yang bisa guru dan manajemen sekolah lakukan, yaitu: selalu awasi semua siswa dan pantau tempat-tempat yang dirasa bisa menjadi tempat pelecehan seksual (misalnya kamar mandi, UKS (Unit Kesehatan Sekolah), atau tempat-tempat siswa yang sepi). 

Kategori :