Situasi Darurat, Pria Ini Ngotot Minta Ambulans Menepi, Alasannya Karena Ini

Selasa 24-09-2024,19:52 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

Warganet lain juga menyoroti bahwa ambulans dan petugas medis seharusnya diprioritaskan di jalan raya.

“Yang harus ditertibkan itu angkot, bukan ambulans. Kalau ambulans kan gak tiap waktu lewat di jalan,” komentar salah satu pengguna Instagram. 

Ada pula yang memberikan saran sarkastik kepada pria tersebut dengan mengatakan, “Kalau sakit jangan dibawa pakai ambulans, panggil saja truk sampah.”

Selain itu, banyak yang mengingatkan bahwa situasi darurat seperti ini tidak bisa dianggap sepele.

“Macet bentar juga jalan, itu darurat kalau enggak ya gak bakal begitu, saling ngerti ajalah. Sok keras malu sendiri,” tulis seorang warganet lainnya. 

BACA JUGA:8 Platform Media Sosial Favorit GEN Z di Indonesia Tahun 2024

Mereka juga mengecam sikap pria tersebut yang tetap ngotot meskipun sudah dijelaskan bahwa pasien di dalam ambulans membutuhkan penanganan cepat.

Kejadian ini juga menimbulkan perbincangan mengenai aturan lalu lintas terkait ambulans. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) Pasal 134, ambulans merupakan salah satu kendaraan yang memiliki prioritas utama di jalan raya, terutama ketika sedang mengangkut pasien atau memberikan pertolongan darurat.

Dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa ada beberapa kendaraan yang mendapat hak prioritas, di antaranya kendaraan pemadam kebakaran, ambulans yang membawa orang sakit, kendaraan untuk pertolongan kecelakaan lalu lintas, kendaraan pimpinan Lembaga Negara, serta iring-iringan pengantar jenazah. 

BACA JUGA:Ditipu Anak Kost, Pasutri Lansia Ini Kehilangan 2 Aset Tanah, Modusnya Seperti Ini

Jika ada pengendara yang mengganggu laju kendaraan prioritas seperti ambulans, maka mereka dapat dikenakan hukuman kurungan maksimum 1 bulan atau denda maksimal Rp 250.000, sesuai Pasal 287 ayat (4).

Kasus ini menjadi pengingat bagi masyarakat akan pentingnya memberikan prioritas kepada ambulans di jalan raya. 

Warganet pun berharap kejadian serupa tidak terulang lagi, dan masyarakat bisa lebih memahami serta menghormati aturan yang ada demi keselamatan bersama.

 

Sheila Silvina

Kategori :