Kenali, 3 Fase Demam Berdarah Dalam 7 Hari, Begini Cara Tepat Menanganinya

Rabu 02-10-2024,12:17 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

BACA JUGA:Tak Tahu Malu! Pria Berbaju Hitam Ini Bikin Resah, Pamerkan Alat Kelamin ke Karyawan di Toko Retail

Pemeriksaan di laboratorium juga menunjukkan pasien mengalami peningkatan enzim hati. Pasien bahkan bisa mengalami semua ini tanpa perdarahan luar.

Jadi, meskipun dari luar Anda tidak tampak mengalami mimisan atau gusi berdarah, sebetulnya tubuh Anda sedang mengalami perdarahan dalam yang lebih parah.

Cara Penanganan Fase Kedua

Orang yang sedang berada pada tahap ini sebetulnya harus tetap melanjutkan pengobatan DBD meskipun tampak sehat. Pasalnya, tubuh orang tersebut belum pulih sepenuhnya.

Jika tidak segera ditangani, trombosit pasien akan terus menurun secara drastis sehingga mengakibatkan perdarahan yang sering tidak disadari.

Oleh sebab itu, satu-satunya cara untuk melewati siklus atau masa kritis DBD adalah pemberian penanganan medis sesegera mungkin.

Pasien harus cepat ditangani oleh tim medis karena fase kritis ini berlangsung tidak lebih dari 24–38 jam.

BACA JUGA:Dua Lembaga Tinggi RI Dipimpin Orang Bengkulu, Puan Maharani Ketua DPR RI, Sultan B Najamudin Ketua DPD RI

3. Fase penyembuhan

Pasien demam berdarah yang sudah berhasil melewati fase kritis umumnya akan kembali mengalami demam. Namun, hal ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Demam selama fase ini justru menandakan bahwa pasien demam berdarah mulai sembuh.

Pasalnya, seiring dengan naiknya suhu tubuh, trombosit juga akan perlahan ikut naik ke taraf normal.
Kadar cairan tubuh yang tadinya menurun selama dua fase pertama juga pelan-pelan mulai kembali normal pada 48–72 jam setelahnya.

Masa penyembuhan demam berdarah juga dapat dilihat dari peningkatan nafsu makan, sakit perut yang mereda, serta rutinitas berkemih yang juga kembali normal.

BACA JUGA:Kabar Duka Artis dan Politisi Marissa Haque Meninggal Dunia, Dimakamkan di TPU Tanah Kusir

Secara umum, orang yang sakit DBD bisa dikatakan akan sembuh jika jumlah trombosit dan sel darah putihnya kembali normal setelah dilihat melalui tes darah khusus DBD.

Waktu yang umumnya dibutuhkan bagi pasien demam berdarah untuk sembuh sepenuhnya adalah satu minggu.

Demikianlah mengenai penjelasan 3 fase demam berdarah yang perlu diperhatikan lengkap cara penanganannya. Semoga bermanfaat.

Nutri Septiana

Kategori :