Sering Dianggap Sama, Ternyata Ini 6 Perbedaan Antara Menabung dan Investasi yang Harus Diketahui

Rabu 02-10-2024,17:48 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Tak sama! Ini 6 perbedaan antara menabung dan investasi yang harus diketahui.

Menabung atau berinvestasi, manakah yang paling penting? Nah untuk mengetahui hal tersebut kamu harus tahu terlebih dahulu perbedaan antara keduanya.

Menabung dan berinvestasi merupakan dua tujuan yang sama namun dengan cara yang berbeda. Jika menabung adalah menyimpan sejumlah penghasilan untuk dana darurat atau tujuan tertentu yang ingin dicapai nantinya.

Sedangkan investasi adalah segala aset berharga yang dimiliki seseorang atau lembaga yang berpotensi mengalami peningkatan nilai dari waktu ke waktu.

BACA JUGA:Tak hanya Menghibur, Begini Cara Nonton YouTube agar Bisa Dapat Uang, Yuk Coba!

Berikut ini adalah perbedaan menabung dan berinvestasi yang harus kamu ketahui sperti dilansir dari laman sahabat.pegadaian.co.id

Perbedaan Tabungan dan Investasi

Secara umum, tabungan dan investasi adalah dua wujud simpanan aset yang berbeda. Perbedaan tabungan dan investasi bisa dilihat dari beberapa aspek, seperti:

1. Wujud Simpanan

Cara membedakan tabungan dan investasi yang paling mudah adalah dilihat dari bentuk atau wujudnya.

Tabungan umumnya berupa uang atau dana cair yang bisa disimpan sendiri maupun dititipkan di bank. Selain tipe konvensional, produk tabungan yang juga disediakan oleh bank adalah tabungan berjangka atau deposito.

Di sisi lain, investasi berwujud aset berharga yang dibeli dengan uang, seperti emas, saham, reksa dana, deposito, properti, dan lain sebagainya.

Instrumen investasi yang bermacam-macam memiliki peluang dan nilai keuntungan berbeda-beda.

BACA JUGA:Raup Cuan Sambil Rebahan, Begini Cara Dapat Uang dari Cash App, Buktikan Sendiri

2. Kemudahan Pencairan

Perbedaan tabungan dan investasi berikutnya adalah kemudahan pencairan aset yang juga bisa disebut sebagai tingkat likuiditas.

Dana dalam tabungan konvensional bisa ditarik atau dicairkan setiap waktu untuk berbagai kebutuhan. Adapun dana tabungan berjangka hanya bisa ditarik saat jatuh tempo.

Sebaliknya, investasi memiliki tingkat likuiditas yang berbeda-beda tergantung dengan jenis asetnya. Apabila investasi emas, maka pencairannya lebih mudah dilakukan. Emas bisa dicairkan dengan buyback (jual) atau digadaikan.

Kategori :