Sering Dianggap Sama, Ternyata Ini 6 Perbedaan Antara Menabung dan Investasi yang Harus Diketahui

Rabu 02-10-2024,17:48 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

Berbeda dengan nilai mata uang, aset investasi berupa emas dan properti tidak terpengaruh oleh inflasi. Bahkan ketika inflasi, nilai emas cenderung naik. Hal ini bisa dilihat dari data historis kenaikan nilai emas setiap tahunnya jika dibandingkan dengan tingkat inflasi.

Nah itulah beberapa perbedaan antara investasi dan tabungan, jadi mana yang lebih penting dan menguntungkan menurut kamu? Semua kembali tergantung pada jenis kebutuhan kamu.

Jika ingin mengumpulkan uang untuk kebutuhan jangka pendek dan bisa digunakan kapan pun, seperti dana darurat, menabung lebih disarankan. 

Sedangkan jika ingin mengembangkan nilai uang seiring waktu dan mempunyai tujuan jangka panjang, investasi menjadi pilihan yang lebih pas.

BACA JUGA:Banyak yang Belum Tahu! Ini 7 Penyebab Pinjaman KUR Ditolak, Buruan Cek

Risiko Menabung vs Investasi

Terkait risiko, menabung bisa dibilang sangat aman dan nyaris tidak memiliki risiko. Asalkan kamu menyimpan uang di tempat yang terjamin keamanannya, seperti brankas atau rekening bank, risiko kehilangan atau kerugian tidak akan terjadi. 

Di samping itu, jika menggunakan layanan tabungan konvensional di perbankan anggota Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS, kamu juga akan mendapatkan jaminan pengembalian dana hingga 2 miliar rupiah saat bank alami pailit atau bangkrut. 

BACA JUGA:Daftar 5 Paylater Terbaik dan Terdaftar OJK 2024, Nomor Satu Paling Diminati!

Sebaliknya, jika berinvestasi, kamu akan selalu dihadapkan dengan risiko kerugian yang perlu diantisipasi dengan seoptimal mungkin.

Menganut prinsip high risk high return, investor akan menghadapi risiko kerugian yang sebanding dengan potensi keuntungan yang mungkin didapatkannya.

BACA JUGA:Butuh Dana Darurat tapi Pinjaman Online Ditolak? Ternyata Ini Penyebabnya Ditolak

Itulah mengenai perbedaan antara menabung dan investasi yang harus diketahui sebelum kamu memutuskan untuk Memilih menabung atau berinvestasi.

 

Putri Nurhidayati

Kategori :