Tenyata ini Manfaat Tuak untuk Penderita Diabetes, Solusi Tradisional yang Efektif

Rabu 02-10-2024,19:26 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Tenyata ini manfaat tuak untuk diabetes, solusi tradisional yang efektif.

Tuak adalah minuman tradisional yang berasal dari fermentasi nira, yang bisa dibagi menjadi dua jenis tuak manis dan tuak pahit. Meskipun biasanya dikenal sebagai minuman, tuak ternyata memiliki potensi manfaat kesehatan, termasuk bagi penderita diabetes. 

Artikel ini akan membahas bagaimana tuak dapat bermanfaat dalam pengelolaan diabetes serta komponen-komponen yang menyertainya.

BACA JUGA:7 Manfaat Tuak Manis bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Begini Cara Pembuatannya

Memahami Diabetes

Diabetes, atau sering disebut penyakit gula, adalah kondisi kronis yang ditandai oleh tingginya kadar gula darah (glukosa) yang melebihi batas normal. 

Penderita diabetes perlu memperhatikan asupan nutrisi mereka, termasuk vitamin, protein, mineral, dan karbohidrat, untuk menjaga kesehatan tubuh.

BACA JUGA:Ini Bahan-bahan dan Proses Pembuatan Tuak, Memiliki Peran Penting dalam Upacara Adat

1. Vitamin

Vitamin memiliki peranan penting dalam kesehatan penderita diabetes. Vitamin E, D3, dan C merupakan vitamin yang sangat bermanfaat. Vitamin E dapat membantu mencegah komplikasi diabetes, termasuk masalah jantung, kerusakan ginjal, dan masalah penglihatan. 

Vitamin D3 berfungsi meningkatkan sensitivitas insulin, sementara vitamin C dapat berkontribusi dalam memperbaiki kesehatan pembuluh darah.

BACA JUGA:Jangan Sepelekan Dampaknya, 7 Jenis Makanan dan Minuman Ini Jangan Dikonsumsi Bersamaan dengan Durian

2. Protein

Protein sangat penting bagi penderita diabetes untuk membantu menjaga massa otot dan mengatur kadar gula darah. Penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi protein hewani yang sehat seperti ayam tanpa kulit, ikan, dan putih telur. 

Selain itu, protein nabati seperti tempe, tahu, dan berbagai jenis kacang juga merupakan pilihan yang baik. Nutrisi ini membantu menjaga keseimbangan gula darah dan memberikan rasa kenyang lebih lama.

Kategori :