6 Cara Alami Bersihkan Usus yang Kotor, Bisa Dilakukan di Rumah

Jumat 04-10-2024,19:17 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Purnama Sakti

Menurut siloamhospitals.com, serat memiliki peran penting dalam meningkatkan volume tinja dan menyerap air, yang membantu mencegah sembelit.

BACA JUGA:Pohon Tumbang Timpa Mobil Fortuner Dan Rumah

Selain menambah asupan serat, Anda juga sebaiknya mengurangi konsumsi makanan yang dapat memperburuk kondisi usus, seperti daging merah, makanan gorengan, sosis, dan daging asap. 

Dengan mengubah pola makan, Anda dapat membantu usus bekerja lebih efisien dalam proses pencernaan.

2. Konsumsi Air Garam

Salah satu cara yang cukup efektif untuk membersihkan usus adalah dengan mengonsumsi air garam. Air garam memiliki kemampuan untuk membantu membuang racun dari dalam tubuh, termasuk yang ada di usus. 

Dengan meminum larutan air garam, Anda dapat merangsang gerakan usus dan mempercepat proses pembuangan racun.

BACA JUGA:9 Rekomendasi Hotel Murah di Palembang, Harga Mulai Rp 80 Ribuan Per Malam, Ini Fasilitasnya

Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan, karena terlalu banyak garam dapat berdampak negatif pada kesehatan.

3. Konsumsi Daun Senna

Daun senna telah lama dikenal sebagai herbal yang efektif untuk membersihkan usus. Daun ini mengandung senyawa yang dapat merangsang gerakan usus dan membantu mengosongkan saluran pencernaan. 

Mengonsumsi daun senna dalam bentuk teh atau suplemen dapat menjadi pilihan yang baik untuk membantu membersihkan usus Anda. Namun, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya secara rutin.

BACA JUGA:Kapan Musim Hujan di Jambi Tiba? Simak Penjelasan BMKG

4. Konsumsi Minyak Ikan

Minyak ikan, yang kaya akan asam lemak omega-3, juga dapat membantu membersihkan usus besar. Omega-3 dikenal memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mendukung kesehatan usus secara keseluruhan. 

Anda bisa mengonsumsi minyak ikan dalam bentuk suplemen, atau melalui sumber makanan seperti salmon dan sarden.

Menambahkan minyak ikan ke dalam diet Anda tidak hanya bermanfaat bagi usus, tetapi juga dapat mendukung kesehatan jantung dan otak.

BACA JUGA:5 Cara Membersihkan Paru-paru Secara Alami, Mudah Dilakukan!

5. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih atau air mineral dalam jumlah yang cukup setiap hari sangat penting untuk melancarkan saluran pencernaan. Dehidrasi dapat menyebabkan sembelit dan membuat usus sulit berfungsi dengan baik. 

Kategori :