Manfaat Tak Terduga Tuak untuk Meredakan Asam Lambung, Mitos atau Fakta?

Selasa 08-10-2024,06:56 WIB
Reporter : Tianzi agustin
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM –Manfaat tak terduga tuak untuk meredakan asam lambung, mitos atau fakta?

Asam lambung, atau yang lebih dikenal dengan istilah Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), adalah gangguan pencernaan yang bisa menyebabkan berbagai ketidaknyamanan, seperti rasa terbakar di dada dan leher yang sering disebut heartburn. 

BACA JUGA:9 Manfaat Tuak Aren untuk Kesehatan Tubuh, Nomor 9 Hampir Dialami Semua Orang

Ketika asam lambung naik ke kerongkongan, ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai manfaat tuak bagi penderita asam lambung, serta beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

BACA JUGA:Ternyata, Ini 5 Manfaat Tuak Pahit untuk Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Apa Itu Tuak?

Tuak adalah minuman beralkohol tradisional yang berasal dari sadapan mayang enau atau aren. Di Indonesia, tuak memiliki berbagai makna dan fungsi sosial, tergantung pada kebudayaan daerahnya. 

Sebagai contoh, tuak sering dijadikan minuman khas dalam upacara adat masyarakat Batak, disajikan dalam kegiatan adat di Bali, dan juga menjadi bagian dari perayaan di kalangan masyarakat Iban di Kalimantan. 

Kadar alkohol dalam tuak bervariasi, tergantung pada bahan dan cara pembuatannya. Misalnya, tuak nira yang terbuat dari sadapan mayang enau memiliki kadar alkohol sekitar 4%, sedangkan tuak beras yang dibuat dari beras ketan bisa memiliki kadar alkohol yang lebih tinggi. 

BACA JUGA:Belum Banyak yang Tahu, Ini 4 Manfaat Tuak untuk Kesehatan Ginjal!

Meskipun memiliki kandungan alkohol, tuak juga memiliki beberapa manfaat bagi tubuh, seperti menghangatkan, menyegarkan, dan membantu mengatasi kesulitan tidur. 

Namun, penting untuk diingat bahwa konsumsi tuak harus dilakukan dengan bijak, karena mengonsumsi secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan.

BACA JUGA:Mengenal Tuak Beras Dalam Tradisi Suku Dayak, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Tuak dan Asam Lambung

Kategori :