Manfaat Tak Terduga Tuak untuk Meredakan Asam Lambung, Mitos atau Fakta?

Selasa 08-10-2024,06:56 WIB
Reporter : Tianzi agustin
Editor : Agus Faizar

Cara Mencegah Asam Lambung Naik

Untuk menghindari asam lambung naik, ada beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Makan dalam Porsi Kecil

Salah satu cara paling efektif untuk mencegah asam lambung naik adalah dengan mengatur pola makan. Makan dalam porsi kecil namun sering lebih baik dibandingkan dengan makan tiga kali sehari dalam porsi besar. 

Cobalah untuk makan 5-6 kali dalam sehari dengan porsi yang lebih kecil.

BACA JUGA:Sudah Tahu Belum, Ini 9 Manfaat Tuak untuk Kesehatan, No 8 Penting Diketahui Ibu-ibu

2. Hindari Makanan Tertentu

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari bagi penderita asam lambung. Makanan pedas, asam, serta fast food dikenal dapat memicu peningkatan asam lambung. 

Menghindari makanan tersebut dapat membantu menjaga keseimbangan asam di lambung. Selain itu, cobalah untuk menghindari makanan berlemak tinggi, karena dapat memperlambat proses pencernaan dan meningkatkan tekanan pada perut.

BACA JUGA:Tenyata ini Manfaat Tuak untuk Penderita Diabetes, Solusi Tradisional yang Efektif

3. Kelola Stres

Stres adalah salah satu faktor yang seringkali terabaikan namun berkontribusi besar terhadap masalah pencernaan, termasuk asam lambung. Mengatasi stres dengan cara yang tepat, seperti yoga, meditasi, atau teknik pernapasan, dapat membantu meredakan gejala asam lambung. Pastikan Anda memberikan waktu untuk diri sendiri dan mencari cara untuk bersantai setiap hari.

BACA JUGA:7 Manfaat Tuak Manis bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Begini Cara Pembuatannya

4. Olahraga Teratur

Olahraga secara teratur dapat membantu menjaga berat badan dan meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Pilihlah jenis olahraga yang ringan, seperti berjalan kaki atau bersepeda, yang tidak memberikan tekanan berlebih pada lambung. 

Berolahraga dapat membantu memperlancar proses pencernaan dan mengurangi stres, sehingga berkontribusi pada pencegahan asam lambung.

Kategori :