Awas Barang KW! Ini 6 Aplikasi Cek Barang Asli atau Palsu, Yuk Coba

Rabu 09-10-2024,09:37 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Cek Barang Sebelum Beli! Kamu harus lebih waspada sama barang palsu. Nggak cuma soal barang fashion atau gadget, tapi juga produk skincare dan elektronik yang kamu pakai setiap hari. Jangan sampai kamu tertipu barang palsu yang malah bikin rugi atau bahaya.

Install salah satu aplikasi cek barang original yang udah direkomendasikan di atas, dan pastikan barang yang kamu beli adalah produk asli yang berkualitas. Jangan sampai tertipu dan jadilah konsumen cerdas!

BACA JUGA:Besaran Gaji dan Formasi Penata Layanan Operasional Badan Pusat Statistik, Tertarik Daftar?

5. HiddenTag – Authenticity Verification & Shopping

Buat kamu yang suka skincare Korea, aplikasi ini wajib punya! Kamu bisa cek keaslian produk dengan scan Hiddentag di kemasannya. Kalau ternyata barangnya palsu, kamu bisa langsung lapor lewat aplikasi. Hanya tersedia di Google Play Store.

6. AuthenticGuards

Aplikasi ini nggak cuma buat konsumen, tapi juga pelaku usaha! Selain bisa cek keaslian barang dengan memindai stiker hologram, pelaku usaha bisa tahu profil, lokasi, dan demografi konsumen melalui dasbor yang tersedia. Aplikasi ini bisa kamu unduh di Google Play Store dan App Store.

BACA JUGA:Infocus Seharga Rp 40 Juta Lenyap Digasak Pencuri

Sebagai informasi, tambahan ada beberapa tips mengidentifikasi keaslian produk saat berbelanja online. Dengan memahami tips dan trik ini:

1. Periksa sumber penjual

Pastikan kamu membeli produk dari toko online yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Platform e-commerce besar seperti Shopee, eBay, atau Lazada sering melakukan verifikasi terhadap penjual mereka, sehingga meminimalkan risiko pelanggan mendapatkan produk palsu.

Selain itu, pastikan untuk membaca ulasan dan testimoni dari pembeli sebelumnya untuk mengetahui pengalaman mereka dengan penjual tersebut.

Jika dirasa kurang meyakinkan, sebaiknya pikirkan sebelum memasukkan produk tersebut kedalam daftar belanjaan.

BACA JUGA:2771 Formasi PPPK Penata Layanan Operasional 2024 untuk Jurusan D4/S1 Akuntansi

2. Lihat ulasan dan penilaian pelanggan

Salah satu cara paling mudah untuk memeriksa keaslian produk saat berbelanja online adalah dengan melihat ulasan dan penilaian dari pelanggan sebelumnya.

Kategori :