Hilang saat Diving di Pulau Reong Maluku, Turis AS Ditemukan Dalam Perut Ikan Hiu

Jumat 11-10-2024,21:18 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

2. Korban dinyatakan hilang saat menyelam di Pulau Reong

Sewaktu menyelam di perairan Pulau Reong, Monfore terseret arus deras. Pemandu tur yang membantunya, gagal menarik Monfore ke pinggir laut. Sejak saat itu, Monfore dinyatakan hilang dan pencarian oleh Basarnas lebih dari sepekan belum membuahkan hasil.

3. Tubuh korban ditemukan nelayan di dalam perut Hiu di Timor Leste

Dua pekan berselang, nelayan setempat menemukan seekor hiu sekitar 113 kilometer dari titik lokasi hilangnya Monfore. Hiu tersebut berenang di wilayah Timor Leste.

Saat dibuka isi perutnya, ada jasad Monfore di dalamnya. Pihak berwenang lantas mencocokan sidik jari dan hasilnya positif bahwa jasad tersebut adalah Monfore.

Basarnas Ambon, Provinsi Maluku, lantas melakukan koordinasi dengan siaga Basarnas Kalabahi, Provinsi NTT pada 3 Oktober 2024. Operasi pencarian atas nama Carol Collen Monfore dinyatakan berakhir, pukul 15.30 WIT.

BACA JUGA:9 Cara Merawat Tas Kulit Sintetis agar Tidak Mengelupas, Yuk Terapkan

4. Penyebab kematian diduga korban bukan karena serangan hiu

Teman keluarga Monfore, Rick Sass, meyakini perempuan tersebut tidak meninggal karena dimakan hiu. Mereka berpendapat bahwa Monfore kemungkinan mengalami kondisi medis yang membuatnya meninggal. Setelah itu, jasad baru dimakan hiu.

"Kami tidak yakin ini adalah serangan hiu. Mike menduga dia menderita semacam masalah kesehatan di air," kata Sass seperti dikutip NDTV dari New York Post.

Menurut Sass, Monfore terpisah dari kelompoknya akibat terjebak arus deras. Ia berada sekira 24 kaki di bawah air dan tangki oksigen kurang lebih masih terisi setengahnya.

BACA JUGA:Ini Kronologi Santri Bakar Pengurus Ponpes, Dipicu Sakit Hati Sering Dibully

5. Korban sering menyelam di berbagai negara

Monfore bukanlah penyelam amatir. Ia cukup profesional dan telah melakukan ribuan penyelaman. Rick mengatakan bahwa Monfore dan Mike telah berkali-kali menyelam bersama selama 30 tahun seperti di Bali, Filipina, Bikini Atoll, dan sebagainya.

Kim Sass, istri Rick Sass, berpendapat serupa. Ia tidak yakin kematian temannya itu langsung karena dimakan hiu.

"Saya sudah melakukan 1000 kali penyelaman dengan wanita yang baik hati ini. Saya tidak percaya bahwa lingkungan dan tentu saja bukan hiu yang mengakhiri hidupnya," tulis Kim Sass dalam unggahan di Facebooknya.

Kategori :