Jenis Pesawat Tempur Tercanggih Indonesia, Lengkap dengan Fitur Teknologi Terkini Selain Rudal dan Bom

Selasa 22-10-2024,19:25 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM -  Untuk menjaga pertahanan di udara, Indonesia memiliki beberapa jenis pesawat tempur.  Ini jenis pesawat tempur tercanggih Indonesia yang dilengkapi fitur teknologi terkini selain rudal dan bom.
Pesawat tempur adalah pesawat militer sayap tetap yang dirancang terutama untuk pertempuran udara-ke-udara.
Dalam konflik militer, peran pesawat tempur adalah untuk membangun superioritas udara dalam ruang pertempuran.

BACA JUGA:Jenis Awan yang Paling Berbahaya untuk Penerbangan, Pesawat Bisa Tiba-tiba Kehilangan Ketinggian

Pesawat jet tempur umumnya terbang pada ketinggian sekitar 40.000 kaki (12.192 m) ketika melakukan misi tempur.
Jika diperlukan, pesawat jet tempur mampu terbang lebih tinggi, yaitu bisa mencapai 65.000 kaki (19.812 m).

Lantas, apa jenis pesawat tempur tercanggih di Indonesia? 

Adapun dilansir dari detik.com, pesawat tempur F-15EX adalah jenis pesawat tempur canggih yang akan dimiliki Indonesia.
Pesawat ini sedqang dalam proses pemesanan yang dibuat oleh Boeing sebagai varian terbaru dari keluarga pesawat F-15 dan diakui sebagai yang paling canggih di dunia.
Keunggulan dari F-15EX sebagai pesawat canggih yakni dapat dilengkapi dengan berbagai jenis senjata, mulai dari rudal udara-ke-udara, bom, hingga senjata khusus lainnya.

BACA JUGA:Bukan Sembarang Parkir, Inilah Besaran Gaji Tukang Parkir Pesawat

Adapun untuk keunggulan lainnya antara lain pesawat ini bisa membawa hingga 29.500 pound (sekitar 13.380 kilogram) muatan dan memiliki mesin modern yang dapat memberikan kecepatan dan kelincahan lebih.
Selain itu, pesawat ini juga didesain untuk memiliki umur layanan hingga 20.000 jam terbang. Memiliki sistem radar canggih dan avionik lainnya yang memungkinkan pesawat mendeteksi dan melacak target dengan akurasi yang tinggi.

BACA JUGA:Tidak Hanya BBM! Mahalnya Harga Tiket Pesawat Ternyata juga Disebabkan Hal Berikut

Kemudian, pesawat ini juga akan memiliki perlindungan elektronik, termasuk sistem perang elektronik yang canggih untuk meningkatkan kemampuan bertahan hidup di medan perang.
Pesawat ini juga dapat dioperasikan dalam berbagai misi, mulai dari superioritas udara, serangan darat, hingga operasi maritim. 
Selain itu juga dapat berkomunikasi dan beroperasi dengan baik dalam jaringan pertempuran yang lebih luas, memungkinkannya berkolaborasi dengan sistem lain seperti satelit, UAV, dan pesawat lain.

BACA JUGA:Remaja Ini Gratis Naik Pesawat Garuda Seumur Hidup, Ini Kisahnya

Sementara itu, banyak masyarakat yang tidak tahu kalau ternyata Indonesia juga bisa membuat pesawat terbang dengan performanya yang tidak kalah bagus dengan pesawat buatan Amerika.
Jumlah produksinya tidak terlalu banyak. Tapi pesawat tersebut sudah dibekali dengan teknologi terkini yang dapat diandalkan untuk berbagai operasi.
Dilansir dari indonesian-aerospace.com, berikut ini daftar pesawat tempur buatan Indonesia tercanggih yang kini sudah banyak dipakai oleh TNI AD dan TNI AU.

BACA JUGA:Disarankan Tidak Melepas Alas Kaki di Dalam Pesawat, Ternyata Ini Alasannya

Sebagian besar pesawat yang ada dalam daftar ini dibuat oleh PT Dirgantara Indonesia. Namun, ada juga yang bekerjasama dengan perusahaan lain untuk memaksimalkan teknologi pada pesawat yang dirancang.

1. CN295 

CN295 adalah pesawat multiguna buatan PT Dirgantara Indonesia yang bekerja sama dengan Airbus Defense & Space.
Untuk spesifikasinya, pesawat ini menggunakan mesin turboprop pratt & whitney PW127G yang dilengkapi dengan enam bilah baling-baling Hamilton Standard 586-F. CN295 mampu membawa total 50 penumpang dan sering digunakan untuk operasi militer dan misi kemanusiaan di wilayah terpencil.

Kategori :