Beraroma Khas, Ternyata Petai Punya Banyak Manfaat, Salah Satunya Meningkatkan Kinerja Otak

Rabu 24-05-2023,05:30 WIB
Reporter : Tim

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kesehatan Physiology di Universitas Kebangsaan Malaysia menyebut bahwa zat besi dalam petai dapat digunakan untuk obat anemia, depresi, stres, sindrom pramenstruasi, hingga cacingan.

 

12. Mengontrol Gula Darah

 

Gula darah dalam tubuh manusia berperan banyak dalam kesehatan, termasuk untuk menimbulkan risiko penyakit berbahaya seperti diabetes, apabila kadarnya tidak dapat terkontrol.

 

Beruntungnya, petai juga dapat menjadi solusi untuk masalah kesehatan yang melibatkan gula darah.

 

Kandungan antioksidan, zat kimia beta-sitosterol dan stigmasterol pada petai mampu menjaga gula darah agar tidak melonjak naik. Dengan kadar gula darah yang terjaga, dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit diabetes.

 

Tidak heran jika petai menjadi sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, tentunya dengan diiringi kebiasaan membatasi asupan gula.

 

Penelitian yang dilakukan Universiti Pertanian Malaysia menemukan bahwa manfaat petai mengandung ekstrak kloroform yang secara signifikan mengurangi kadar glukosa darah. Pengujian ini dilakukan pada tikus dengan keadaan diabetes yang diinduksi aloksan.

 

Hasil studi tersebut juga menemukan bahwa efek hipoglikemik pada petai dikaitkan dengan dua sterol utama yang ada dalam buncis dan kacang polong. Ketiga jenis legum ini diketahui bekerja secara sinergis untuk menghasilkan efek anti-diabetes.

 

Kategori :