Iklan dempo dalam berita

Jelang Kiamat, Orang Beriman akan Mati karena Tiupan Angin Selembut Sutra Ini

Jelang Kiamat, Orang Beriman akan Mati karena Tiupan Angin Selembut Sutra Ini

Orang beriman akan meninggal dunia menjelang kiamat--

BACA JUGA:Ibadah Umrah Tuntas, JCH Mulai Membayar DAM

Menurut keterangan hadist di atas, angin selembut sutra itu diperkirakan berembus setelah terbunuhnya dajjal oleh Nabi Isa AS serta selepas seluruh penduduk bumi menjadi muslim dan hidup damai selama tujuh tahun.

Pendapat paling populer menyatakan bahwa angin di hari kiamat itu berasal dari daerah Yaman. Hal ini seperti yang disebutkan dalam hadis di bagian sebelumnya.

 

“Sesungguhnya Allah akan mengirim suatu angin dari arah Yaman yang lebih lembut dari sutra..." (HR. Muslim)

Akan tetapi, ada juga hadist dari Abdullah bin Amr, Rasulullah mengatakan bahwa suatu angin lembut yang kelak mencabut nyawa orang-orang mukmin akan datang dari arah Syam. Sebagai informasi, saat ini, Negeri Syam meliputi negara Suriah, Palestina, Yordania, dan Lebanon.

Merujuk laman Almanhaj, terdapat dua kemungkinan. Pertama, bisa saja ada dua angin yang berasal dari dua tempat pula, yaitu Syam dan Yaman. Kedua, boleh jadi suatu angin bermula dari satu tempat kemudian berembus ke tempat yang lain.

Terlepas dari kapan atau dari mana ia berasal, yang pasti angin lembut menjelang kiamat akan mencabut seluruh orang beriman dan hatinya masih menyebut nama Allah.

Apabila semua orang mukmin telah meninggal, lantas siapa yang tersisa? Adapun manusia yang tersisa adalah orang-orang jahat nan durjana.

“Tatkala mereka (manusia) hidup dalam keadaan demikian itu (damai dan makmur selama tujuh tahun), Allah mengirim sebuah angin yang lembut yang mengambil mereka dan mencabut nyawa setiap orang mukmin dan muslim sehingga yang tersisa hanyalah orang-orang yang jahat. Mereka saling bermusuhan di antara sesama, sebagaimana keledai saling bermusuhan di antara sesama. Pada mereka itulah kiamat akan terjadi." (HR. Muslim: Kitabul fitan no. 5228).

Hadist lain bahkan menjuluki mereka lebih buruk daripada orang-orang Jahiliah. Dari laman Konsultasi Syariah, sahabat Abdullah bin Amr bin Ash RA pernah berkata,

BACA JUGA:Disebut Tanah Suci, Ini Ternyata Keutamaan Kota Makkah dan Madinah, Masyaallah

“Kiamat hanya akan terjadi pada manusia yang paling jelek. Mereka lebih jelek dibandingkan orang jahiliah. Setiap doa yang mereka panjatkan pasti Allah tolak doanya." (HR. Muslim 1924 dan Ibnu Hibban 6836).

Setelah seluruh orang beriman dicabut nyawanya dari muka bumi, maka kiamat pun terjadi. Hanya orang-orang yang jahat dan jelek imannya yang akan menyaksikan horornya kehancuran alam semesta saat hari akhir kelak.

“Tidak akan terjadi kiamat hingga tidak ada lagi orang yang di muka bumi ini menyebut, 'Allah... Allah...'" (HR. Ahmad no. 12043, Muslim no. 148).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: