Iklan dempo dalam berita

Gempa Dahsyat, Ini 19 Gempa Bumi Terbesar Sepanjang Sejarah, 5 Terjadi di Indonesia

Gempa Dahsyat, Ini 19 Gempa Bumi Terbesar Sepanjang Sejarah, 5 Terjadi di Indonesia

Gempa Dahsyat, Ini 19 Gempa Bumi Terbesar Sepanjang Sejarah, 5 Terjadi di Indonesia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Penyebab gempa bumi adalah pergerakan lempeng bumi atau kerak bumi. Menurut BMKG, definisi gempa bumi adalah peristiwa bergetarnya bumi akibat pelepasan energi di dalam bumi secara tiba-tiba yang ditandai dengan patahnya lapisan batuan pada kerak bumi. 

Beberapa wilayah di Indonesia sangat akrab dengan gempa bumi. Kerap memicu banyak korban jiwa, gempa tak terpisahkan dari sejarah pembentukan daratan Bumi hingga kini. 

BACA JUGA:Ini 5 Patahan Bumi Penyebab Gempa, Ada yang Sepanjang 2 Kali Pulau Jawa

Peristiwa gempa sendiri bisa dipicu oleh gerakan lempeng tektonik maupun aktivitas vulkanik. Ketika lempeng tektonik saling bergerak dan bertabrakan, hal itu dapat melepaskan energi yang terpendam hingga menghasilkan gempa besar.

Sejak para ilmuwan menemukan cara mengukur besarnya gempa di awal tahun 1900-an, beberapa gempa yang benar-benar masif telah mengguncang Bumi.

Sebagian besar dari gempa bumi ini terjadi di beberapa zona subduksi di sepanjang "Cincin Api" yang bergejolak secara seismik di Pasifik, tempat lempeng tektonik menukik di bawah satu sama lain.

BACA JUGA:Mengerikan, Ilmuan Temukan Patahan Bumi yang Bisa Mengakibatkan Gempa Besar, Mungkinkah Tanda Kiamat?

 

Ini daftar 19 gempa bumi dahsyat yang pernah tercatat sepanjang sejarah.

 

1. Arequipa, Peru, 2001, M 8,4

 

Gempa berkekuatan 8,4 melanda 6 kilometer dari kota pesisir Atico, Peru, pada 23 Juni 2001. Sedikitnya 74 orang tewas lebih dari sepertiganya tersapu oleh tsunami yang diakibatkannya.

Lebih dari 2.600 orang terluka, dan lebih dari 50.000 rumah rusak akibat guncangan tanah yang kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: