Iklan dempo dalam berita

5 Sifat Mulia Abu Bakar yang Patut Diteladani, Diberi Gelar as-Siddiq Oleh Rasulullah SAW

5 Sifat Mulia Abu Bakar yang Patut Diteladani, Diberi Gelar as-Siddiq Oleh Rasulullah SAW

5 Sifat Mulia Abu Bakar yang Patut Diteladani, Diberi Gelar as-Siddiq Oleh Rasulullah SAW--

 

إِلَّا تَنْصُرُوهُ فَقَدْ نَصَرَهُ اللَّهُ إِذْ أَخْرَجَهُ الَّذِينَ كَفَرُوا ثَانِيَ اثْنَيْنِ إِذْ هُمَا فِي الْغَارِ إِذْ يَقُولُ لِصَاحِبِهِ لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا "Jika kamu tidak menolongnya (Muhammad), sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir mengusirnya (dari Makkah); sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, ketika itu dia berkata kepada sahabatnya, “Jangan engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita..." (QS At-Taubah: 40)

 

BACA JUGA:Kisah Santri yang Malas Sholat, Seketika Bertaubat Saat Melihat Karomah di Luar Nalar Gus Miek

 

3. Suka menolong sesama

 

Abu Bakar memerdekakan budak-budak yang disiksa tuannya karena memeluk Islam. Contoh budak yang dimerdekakan oleh Abu Bakar, antara lain adalah Bilal ibn Rabbah al Habsyiy, 'Amir bin Fuhairah dan lainnya.

 

4. Membenarkan ucapan Nabi Muhammad SAW

 

Abu Bakar adalah yang pertama kali percaya terjadinya Isra Miraj, meski dia tidak mendengar hal itu langsung dari Nabi Muhammad SAW sendiri. Apalagi perjalanan ke langit yang dilakukan Nabi Muhammad dengan buraq itu tentu sukar dipercaya. Karena itulah Abu Bakar mendapat gelar Ash-Shiddiq yaitu orang yang membenarkan apa yang dikatakan Nabi SAW.

 

BACA JUGA:Awan Hitam Dibuat Tunduk, Karomah Gus Dur yang Membuat Dokter Kepresidenan Takjub

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: