Iklan dempo dalam berita

Kebiasaan Unik Masyarakat Indonesia, Diantaranya Bakar Tongkang dari Riau

Kebiasaan Unik Masyarakat Indonesia, Diantaranya Bakar Tongkang dari Riau

Tradisi bakar tongkang yang menyedot perhatian masyarakat--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Indonesia memiliki banyak suku yang memiliki tradisi turun temurun dan masih dipertahankan sampai sekarang.

 

Bahkan sejumlah daerah memiliki tradisi-tradisi yang unik. Tradisi dan adat istiadat menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia. Berikut tujuh tradisi unik yang ada di Indonesia.

 

1. Tradisi Bakar Batu dari Papua

Tradisi bakar batu ini merupakan salah satu ritual yang terbilang unik di Papua. Biasanya tradisi bakar batu dilakukan oleh suku pedalaman Papua dengan nama yang berbeda-beda.

BACA JUGA:Di Suku Ini, Prianya boleh Berhubungan dengan Istri Orang, sedangkan Wanita Menstruasi Diasingkan

 

Ritual ini memasak dengan menggunakan batu yang panas sekali. Beberapa suku yang masih menerapkan tradisi bakar batu adalah Lembah Baliem, Paniai, Nabire, Pegunungan Tengah, Pegunungan Bintang, Jayawijaya, dan lain sebagainya.

 

Batu-batu itu dibakar sampai panas hingga berubah warna menjadi merah membara. Selama menunggu batu panas, warga menggali lubang yang dalam dan memberi daun pisang untuk alang-alang di dasarnya. 

 

Batu panas nantinya diletakkan di dasar lubang, lalu di atas batu tersebut ditumpuk daun pisang dan diletakkan daging babi.

BACA JUGA:Ternyata Tahi Lalat di Bibir Bukan Berarti Orangnya Cerewet, Ini Arti Tahi Lalat di Bibir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: