Iklan dempo dalam berita

Kisah Ki Semar Sabdo Palon, Tolak Masuk Islam Hingga Keluar Sumpah Malapetaka di Tanah Jawa

Kisah Ki Semar Sabdo Palon, Tolak Masuk Islam Hingga Keluar Sumpah Malapetaka di Tanah Jawa

Kisah Ki Semar Sabdo Palon, Tolak Masuk Islam Hingga Keluar Sumpah Malapetaka di Tanah Jawa--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Sabdo Palon dikenal sebagai tokoh misterius penguasa tanah Jawa. Ada banyak versi cerita tentang sosok tersebut yang berkembang menjadi mitos bagi masyarakat Jawa Tengah.

 

Dikutip dari berbagai sumber sosok ini terkenal dengan ramalannya yang cukup populer. Sosok Sabdo Palon dianggap sebagai pandita dan penasihat Prabu Brawijaya V dari Kerajaan Majapahit.

 

BACA JUGA:Sabdo Palon dan Sumpah Kehancuran Tanah Jawa

 

Namanya disebut dalam Serat Darmagandhul yang ditulis Ki Kalamwadi. Dalam karangan itu Sabdo Palon disebutkan tidak bisa menerima kudeta terhadap Rabu Brawijaya oleh tentara Kesultanan Demak dengan bantuan Wali Songo pada 1478.

 

Dia kemudian bersumpah akan kembali sekitar 500 tahun saat korupsi merajalela dan bencana melanda. Dia juga bersumpah menyapu Islam dari Jawa dan mengembalikan kejayaan Majapahit serta kebudayaan Jawa.

 

BACA JUGA:Sabdo Palon dan Naya Genggong serta Ramalan Munculnya Agama Budi

 

Sosok ini identik dengan tokoh Semar dalam lakon Mahabarata versi Jawa. Sementara, antropolog Paul Stange dalam penelitiannya pada 1988 menyebutkan Sabdo Palon adalah inkarnasi dari Semar yang dikenal sebagai leluhur orang Jawa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: