Iklan dempo dalam berita

11 Mitos Orang Tionghoa, Jadi Pengapit Pernikahan Maksimal 3 kali, Makan Onde-onde Sesuai Umur

11 Mitos Orang Tionghoa, Jadi Pengapit Pernikahan Maksimal 3 kali, Makan Onde-onde Sesuai Umur

11 mitos orang tionghoa--

Biasanya, tradisi ini dilakukan ketika hari Ibu (22 Desember). Di hari itu, para ibu-ibu tionghoa suka bikin onde-onde untuk keluarga mereka. Tapi, makan onde-ondenya tidak bisa sebanyak yang kita mau. Makan onde-ondenya harus sesuai dengan jumlah umur kita dan ditambah sebutir onde. 

 

Katanya sih biar kita hoki terus dan umur kita bertambah setahun. Seiring berjalannya waktu, tradisi ini sudah tidak terlalu diikuti banget, sih. Kadang ibu kita juga mengizinkan kita buat makan onde-onde sebanyak yang kita mau.

 

7. Wajib makan mie pas ulang tahun

Biar panjang umur katanya! Soalnya, mie itu kan panjang ukurannya, jadi memang sudah seperti simbol panjang umur. Entah benar atau tidak, soalnya kan umur ada di tangan Tuhan. Meskipun begitu, bagi orang tionghoa, ulang tahun bakal terasa kurang lengkap kalau nggak makan mie.

BACA JUGA:Komplit, 5 Weton Ini Paling Sehat Lahir Batin dan Diramal Panjang Umur dan Selalu Bahagia

 

8. Pakai baju terbalik berarti sumpahin ortu cepat meninggal

Kadang kita tidak sengaja pakai baju terbalik. Tapi, habis itu jangan diteruskan, ya! Karena, buat para orangtua tionghoa, hal itu dianggap kurang ajar. Mereka bakal menganggap kita menyumpahi mereka cepat meninggal. Wah, daripada diomeli lebih baik kamu buru-buru betulin baju, deh.

 

9. Tidak boleh pakai aksesoris warna putih di kepala

Pernah lihat kan adegan Nobita sedang belajar keras sambil pakai ikatan kepala putih sebagai penyemangat? Sepertinya seru buat diikuti, tapi bagi orang tionghoa, hal itu dianggap sebagai tindakan menyumpahi orangtua agar cepat meninggal. Makanya, ikat putih di kepala hanya dipakai saat menghadiri pemakanan orangtua yang meninggal.

 

10. Tidak bagus kalau meninggal di hari Selasa atau Sabtu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: