Iklan dempo dalam berita

Areal Persawahan di Rejang Lebong Terus Berkurang, Banyak Petani Alih Fungsi Lahan

Areal Persawahan di Rejang Lebong Terus Berkurang, Banyak Petani Alih Fungsi Lahan

Areal Persawahan di Rejang Lebong Terus Berkurang, Banyak Petani Alih Fungsi Lahan--

REJANG LEBONG, RBTVCAMKOHA.COM - Hasil pendataan petugas penyuluh pertanian lapangan di 15 Kecamatan, luas lahan sawah di Kabupaten Rejang Lebong, saat ini tercatat 3.616 hektare.

BACA JUGA:Pria Ini Curi Pakaian Dalam Perempuan, Auto Viral di Medsos

Jumlah ini lebih sedikit dari pengukuran yang dilakukan Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Rejang Lebong pada 2022 lalu yang mencapai 4.000 hektare. 

Sementara itu untuk data tahun 2020 lalu, luas persawahan mencapai 9.000 hektare lebih.

BACA JUGA:Ustadz Abdul Somad Beberkan 3 Amalan Pembuka Pintu Rezeki, Kerjakan Secara Rutin

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong Zulkarnain mengatakan, terdapat 2 Kecamatan yang tidak memiliki areal persawahan yakni Kecamatan Sindang Dataran karena berada di ketinggian.

Kemudian di Kecamatan Binduriang yang dulunya ada sawah namun karena irigasinya rusak sehingga beralih fungsi menjadi lahan usaha pertanian lain.


BACA JUGA:Amalkan Dzikir ini 10 kali Selesai Shalat Subuh dan Magrib, Pahalanya Dijamin Tidak Rugi

Salah satu daerah yang paling banyak lahan pertanian sawahnya beralih fungsi ialah di wilayah kecamatan Sindang Kelingi. Semula terdapat 300 hektare sawah saat ini tinggal 40 hektare, ini karena jaringan irigasinya rusak sehingga sawah di daerah ini berubah menjadi perkebunan kopi dan sayuran.

“Bukan hanya masalah lahan sawah, tetapi mata pencarian petani. Karena di daerah kita sangat banyak petani penggarap, pusatnya di wilayah Curup Selatan, Curup Utara. Pemilih-pemilih ini, disamping turun menurun merupakan orang kaya. Yang mengerjakan para buruh tani, jika kita tidak melindungi lahan sawah kita itu, dia tidak punya tempat bekerja,” kata Zulkarnain (22/7).

BACA JUGA:Kata Ustadz Adi Hidayat, Malaikat Rezeki akan Sering Datang ke Rumah jika Ada Benda Berikut

Seperti yang disampaikan oleh Rustam salah satu petani yang berada di Kecamatan Curup Utara, karena irigasi rusak, ia bersama petani lain terpaksa menanam tanaman lain. 

Rustam berharap adanya perhatian pemerintah untuk para petani padi yang ada di Rejang Lebong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: