Iklan RBTV Dalam Berita

Banyak Pengkhianat dan Kawan Jadi Lawan, Ini 20 Ramalan Jayabaya untuk Indonesia, Apakah Ada yang Terbukti?

Banyak Pengkhianat dan Kawan Jadi Lawan, Ini 20 Ramalan Jayabaya untuk Indonesia, Apakah Ada yang Terbukti?

Prabu Jayabaya--

“Ramalan Jayabaya yang tersebar di masyarakat merupakan kisah turun temurun dari nenek moyang dan sudah jauh dari sumber aslinya. Nama 'Jayabaya' hanyalah trademark pada karya para pujangga tersebut untuk menarik popularitas," tulis M. Fatkhan dalam "Sosok Ratu Adik dalam Ramalan Jayabaya" (Refleksi, 2019)

Jadi, ramalan Jayabaya adalah kumpulan kisah ramalan dari nenek moyang yang terus diwariskan dari generasi ke generasi. Tidak diketahui pula siapa yang membuat kisah-kisah tersebut. Terlepas dari itu, kisah ramalan Jayabaya dapat ditemui di lebih dari 20 kitab ramalan yang tersebar di tengah masyarakat. Dari banyak jenis ramalan yang ada ramalan Jayabaya tertua dan asli adalah kitab Asrar karya Sunan Giri Prapen yang ditulis pada tahun 1540 Saka atau tahun 1618 Masehi.

BACA JUGA:Berteriak Dilarang Apalagi Menangis, Perempuan Suku Ini Rela Wajahnya Disayat Pisau Biar Terlihat Cantik

Ramalan dari nenek moyang orang Jawa tersebut memang legenda dan sangat terkenal. Beberapa kali terbukti benar, seperti prediksi kejatuhan Jawa dan kebangkitan setelah periode panjang penderitaan masyarakat. Salah satu yang paling dikenal adalah prediksi tentang penjajahan. Kira-kira bunyinya seperti ini:

“Pulau Jawa kelak akan diperintah bangsa kulit putih, kemudian dari arah utara akan datang bangsa Katai, kulit kuning bermata sipit. Pemerintahan dari bangsa kulit kuning tidak lama, hanya seumur jagung (3 bulan). Dan sesudah itu Jawa akan merdeka."

Jika ditelaah, kalimat tersebut sesuai dengan peristiwa sejarah, yakni kedatangan orang Eropa (bangsa kulit putih) yang kemudian kekuasaannya diambil alih orang Jepang. Namun, kekuasaan orang Jepang tidak lama, hanya 3 tahun, dan setelahnya Jawa akan merdeka.

Tidak hanya itu, ramalan Jayabaya juga memprediksi kemunculan Ratu Adil atau juru selamat di tengah masyarakat Indonesia. Interpretasi prediksi ini sangat luas. Biasanya masyarakat akan memandang Ratu Adil adalah sosok yang mampu memberikan solusi atas permasalahan yang ada di masyarakat. (tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: