Iklan dempo dalam berita

Di Rumah Ini Cinta Soekarno dan Fatmawati Bersemi, Penuh Derai Air Mata dan Pengorbanan

Di Rumah Ini Cinta Soekarno dan Fatmawati Bersemi, Penuh Derai Air Mata dan Pengorbanan

Rumah Soekarno di Bengkulu--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Sejarah bangsa Indonesia tidak bisa lepas dari Presiden Soekarno. Sementara perjalanan hidup Soekarno tidak bisa dipisahkan dengan Bengkulu.

 

Di Provinsi kecil di Pulau Sumatera ini, Presiden Soekarno pernah tinggal. Bahkan di Bumi Rafflesia ini pula beliau menemukan tambatan hati, Fatmawati.

 

Dari rahim Fatmawati, kemudian lahir seorang perempuan yang juga menjadi Presiden Indonesia, Megawati.

 

Dalam masa perjuangannya, Soekarno pernah dibuang ke beberapa tempat. Salah satunya Bengkulu. Kisah dibuangnya Soekarno ke Bengkulu, berawal saat Bung Karno bersama dengan Maskoen Soepriadinata dan Gatot Mangkoepradja pada tanggal 29 Desember 1929 ditangkap oleh Belanda dan dijebloskan ke penjara Banceuy. 

BACA JUGA:Kisah Bangunan Bersejarah Indonesia Bag 2, Desain Masjid Istiqlal Dirancang Orang Kriten

 

Setelah diadili dan dinyatakan bersalah karena melakukan tindakan yang meresahkan pemerintah Belanda, akhirya beliau dipindahkan ke penjara Sukamiskin di Bandung. 

 

Lantaran penjara Sukamiskin tidak mampu membendung sikap kritis Soekarno, setelah bebas pada tanggal 31 Desember 1931, beliau kemudian diasingkan ke daerah-daerah yang sulit di akses pada saat itu.

 

Soekarno pernah dikucilkan ke Ende, Nusa Tenggara Timur. Selama di Ende Bung Karno mengalami sakit keras akibat wabah malaria. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: