Iklan RBTV Dalam Berita

Macam-macam Riba, Perbuatan Haram dan Termasuk 7 Dosa Besar

Macam-macam Riba, Perbuatan Haram dan Termasuk 7 Dosa Besar

Macam-macam Riba, Perbuatan Haram dan Termasuk 7 Dosa Besar--

 

Riba jahiliyah adalah kelebihan pengembalian jumlah pokok utang, yang disebabkan oleh ketidakmampuan peminjam untuk mengembalikan tepat waktu. Meski sama-sama terjadi pada transaksi peminjaman, perbedaan riba jahiliyah dengan riba qardh terletak pada alasan lebihnya uang yang harus dikembalikan. Pada riba jahiliyah, riba hanya terjadi bila peminjam tidak bisa mengembalikan uang sesuai waktu yang telah disepakati. Riba jahiliyah adalah macam riba yang umum dilakukan orang-orang pada zaman jahiliyah.

 

Merujuk pada buku Riba di Sakumu karya Ammi Nur Baits mengenai riba ini, Allah SWT telah menjanjikan ancaman bahkan hukuman bagi manusia yang suka berbuat riba. Allah telah berfirman,

 

يَمْحَقُ اللّٰهُ الرِّبٰوا وَيُرْبِى الصَّدَقٰتِ ۗ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ اَثِيْمٍ ٢٧٦

 

Artinya: "Allah menghilangkan (keberkahan dari) riba dan menyuburkan sedekah. Allah tidak menyukai setiap orang yang sangat kufur lagi bergelimang dosa." (QS Al Baqarah: 276).

 

Menurut Imam Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya, ayat tersebut menjelaskan bahwa Allah SWT menghapuskan riba dan melenyapkannya. Pelenyapan ini kadang kala dilakukan secara keseluruhan dari tangan pelakunya atau adakalanya dia mencabut berkah hartanya, sehingga orang tersebut tidak dapat memanfaatkannya.

 

Demikianlah, penjelasan dari macam-macam riba serta ancaman dari Allah SWT supaya umat Islam menjauhi riba. (tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: